PEKANBARU, BUKIT RAYA - Puluhan ribu Elektronik Kartu Tanda Penduduk (E-KTP) mengantre dicetak di Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru. Dari 566.097 jiwa yang telah melakukan perekaman E-KTP Baru 524.730 keping yang sudah dicetak.

Hal tersebut dikatakan Kepala Disdukcapil Pekanbaru, Baharudin kepada wartawan. "Artinya masih ada 41.367 keping KTP yang belum dicetak. Itu yang akan kami segerakan agar masyarakat Pekanbaru bisa secepatnya memiliki KTP," katanya, Jumat (03/06/2016).

http://www.riaucitizen.com/search/label/Berita%20Pekanbaru
Kepala Disdukcapil Pekanbaru, Baharudin
Hal itu sesuai dengan arahan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo yang mengintruksikan supaya seluruh kepala daerah menyegerakan perekaman E-KTP. Sebab secara nasional untuk perekaman E-KTP belum sampai 90 persen.

Disambung Baharudin, saat ini tercatat 770.154 jiwa yang wajib memiliki KTP Pekanbaru. Itu dari jumlah penduduk Kota Pekanbaru tahun 2016 tercatat sebanyak 1.101.187 jiwa. “Dan itu bisa bertambah terus, untuk itu kita akan kerjasama dengan Dinas Pendidikan jemput bola merekam E-KTP bagi siswa yang cukup umur,” katanya.

Baharuddin berharap, masyarakat yang belum memiliki KTP Pekanbaru agar secepatnya melakukan perekaman dan melengkapi syarat-syarat pembuatan E-KTP. Tidak hanya itu saja, pihak kecamatan atau pun kelurahan diminta untuk terus menerus memberikan sosialisasi pentingnya memiliki KTP.

"Saya meminta kepada masyarakat Pekanbaru yang belum memiliki E-KTP agar cepat melakukan perekaman dengan datang ke UPTD Kecamatan. Kalau syarat-syarat administrasi lengkap, percetakan E-KTP akan segera dibuatkan agar masyarakat pun tenang saat pergi dan mengurus segala sesuatu yang berkaitan dengan administrasi," ujarnya.

Pihaknya juga terus menerus melakukan inovasi baru dengan melakukan perekaman keliling E-KTP. Jemput bola yang dilakukan oleh Disdukcapil Kota Pekanbaru disebabkan masih adanya masyarakat yang belum memiliki identitas kependudukan.

Perekaman keliling yang dilakukan dimulai dari Kecamatan Rumbai Pesisir dan dimulai di Kelurahan Okura, Lembah Damai dan Lembah Sari. “Ini kan bagian dari percepatan dalam pengurusan administrasi kependudukan di Pekanbaru, makanya kami lakukan jemput bola. Program ini diperuntukan bagi masyarakat Pekanbaru yang ingin memiliki E-KTP, Akte Kelahiran ataupun surat kematian. Langkah ini dilakukan oleh Disdukcapil karena menganggap lokasi rumah warga yang jauh dari kantor camat," sebutnya.

Bahar optimis, pihaknya bisa memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat Pekanbaru. Ia juga menargetkan akhir tahun sudah bisa menjangkau semua kelurahan di Pekanbaru. "Yang jelas dalam perekaman ini kami gratiskan. Tidak ada pungutan biaya sepersen pun karena kami ingin memberikan yang terbaik kepada masyarakat," katanya.(dow/rik)

Puluhan ribu Elektronik Kartu Tanda Penduduk (E-KTP) mengantre dicetak di Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru. Dari 566.097 jiwa yang telah melakukan perekaman E-KTP Baru 524.730 keping yang sudah dicetak. Hal tersebut dikatakan Kepala Disdukcapil Pekanbaru, Baharudin kepada wartawan. "Artinya masih ada 41.367 keping KTP yang belum dicetak. Itu yang akan kami segerakan agar masyarakat Pekanbaru bisa secepatnya memiliki KTP," katanya, Jumat (03/06/2016). Hal itu sesuai dengan arahan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo yang mengintruksikan supaya seluruh kepala daerah menyegerakan perekaman E-KTP. Sebab secara nasional untuk perekaman E-KTP belum sampai 90 persen. Disambung Baharudin, saat ini tercatat 770.154 jiwa yang wajib memiliki KTP Pekanbaru. Itu dari jumlah penduduk Kota Pekanbaru tahun 2016 tercatat sebanyak 1.101.187 jiwa. “Dan itu bisa bertambah terus, untuk itu kita akan kerjasama dengan Dinas Pendidikan jemput bola merekam E-KTP bagi siswa yang cukup umur,” katanya.

Post a Comment

Powered by Blogger.