PEKANBARU, SUKAJADI - Menteri Agraria dan Tata Ruang Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) RI Ferry Mursyidan Baldan telah meluncurkan sistem dan aplikasi pelayanan pertanahan online di Provinsi Riau termasuk Pekanbaru, Ahad (15/5) kemarin di lokasi Car Free Day (CFD)  Jalan Diponegoro. Dalam peluncuran, Menteri ATR memuji perkembangan Pekanbaru sebagai kota yang menerapkan Informasi Teknologi (IT).

http://www.riaucitizen.com/search/label/Berita%20Pekanbaru
Selain peluncuran pelayanan aplikasi tanah online, Ahad kemarin Menteri juga sekaligus menyaksikan penandatanganan kerjasama Badan Pertanahan Nasional (BPN) setempat dengan tiga kabupaten/kota Pekanbaru, Kampar dan Siak.

‘’Kedepan orang darimanapun yang hari ini ada di Pekanbaru, Siak, Kampar dan sebagainya bisa mengurus tanah mereka disatu tempat pelayanan dan terintegrasi dengan cara online,’’ kata Menteri ATR usai melakukan pelepasan balon tanda di-launching-nya sistem dan pelayanan pertanahan online.

Ferry Mursyidan Baldan menjelaskan, saat ini baru ada beberapa kabupaten/kota di Riau yang menjalin kerjasama aplikasi pertanahan online ini. 

http://www.riaucitizen.com/search/label/Berita%20Pekanbaru
Namun kedepan semua akan ikut bergabung dan terintegrasi. ‘’Ini formula proaktif pelayaan pertanahan oleh BPN yang sudah dilakukan diseluruh wilayah Indonesia, termasuk Riau. Namun kalau provinsi lain menyebutnya pojok, atau pusat maka Riau menamai pondok layanan,’’ katanya.

Ia  berharap semoga nama pondok layanan yang diberikan Riau itu bisa menampilkan pelayanan yang baik. Ia juga menegaskan dengan kemudahan pelayanan pertanahan online ini, maka BPN sudah bisa memaksimalkan pelayanan yang selama ini terbagi dua layanan Hak Guna Usa (HGU) dan tanah masyarakat. ‘’Kedepannya, walau akan bertahap semua layanan pertanahan menuju kemudahan dengan online dan terintegrasi kepusat,’’ tuturnya.

http://www.riaucitizen.com/search/label/Berita%20Pekanbaru
Dikatakannya pula, saat ini memang pihaknya sedang merancang semua jaringan akan terintegrasi. ‘’Jadi ketika ada yang butuh informasi yang berkaitan dengan BPN dan pertanahan dimana saja bisa berkonsultasi lewat layanan ini,’’ katanya lagi.

Ia juga mengagumi Kota Pekanbaru yang sudah mulai menerapkan layanan pemerintah dengan online. Karena memang hal tersebut sudah waktunya. ‘’Nanti hal ini akan menuju nasional, Pak Wali tadi mengatakan sudah membuka layanan serba online, coba bayangkan kalau Pemko sudah maju, kita tidak bergerak maka kita akan tertinggal,’’ katanya.

Sementara itu, Wali Kota (Wako) Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT menyambut balik peluncuran layanan yang dilakukan serta apresiasi yang diberikan Menteri ATR tersebut. Ia menegaskan, apa yang dilakukan Pemko Pekanbaru adalah bentuk pelayanan terbaik bagi masyarakat. ‘’Pelayanan bagi masyarakat selalu menjadi prioritas bagi kami,’’ singkatnya.(pku05)

Menteri Agraria dan Tata Ruang Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) RI Ferry Mursyidan Baldan telah meluncurkan sistem dan aplikasi pelayanan pertanahan online di Provinsi Riau termasuk Pekanbaru, Ahad (15/5) kemarin di lokasi Car Free Day (CFD) Jalan Diponegoro. Dalam peluncuran, Menteri ATR memuji perkembangan Pekanbaru sebagai kota yang menerapkan Informasi Teknologi (IT). Selain peluncuran pelayanan aplikasi tanah online, Ahad kemarin Menteri juga sekaligus menyaksikan penandatanganan kerjasama Badan Pertanahan Nasional (BPN) setempat dengan tiga kabupaten/kota Pekanbaru, Kampar dan Siak.

Post a Comment

Powered by Blogger.