KAMPAR, BANGKINANG - Pasca penyelidikan yang dilakukan oleh Ditkrimsus Polda Riau pada hari Jumat (15/4) terhadap dugaan kredit bermasalah Rp 17 Miliar di Koperasi Majapahit. Pimpinan Bank Riau Kepri Cabang Pembantu Kampar, Fajar Restu dipanggil untuk dimintai keterangannya.

http://www.riaucitizen.com/search/label/Berita%20Kampar
Fajar Restu, Pimpinan Cabang Pembantu Kampar -  (baju putih)
Hal itu diungkapkan langsung oleh Fajar saat dihubungi melalui selulernya, Selasa (19/4), "ya, ini masih simpang siur terkait informasinya. Saya pun belum tahu alasan pemanggilan. Karena sekarang macetnya dimana?", pungkasnya.

Sebelumnya penyelidik Kepolisian telah meminta keterangan dari beberapa pengurus Koperasi Majapahit di Simpang Siabu, pengurus koperasi yang dimintai keterangannya menjelaskan asal muasal pengajuan kredit ini mengungkapkan.

"kami (anggota koperasi, red) berjumlah 176 orang mengajukan permohonan kredit kepemilikan lahan kepada Bank Riau melalui Anton selaku pemilik lahan. Pengajuan kita mohonkan, tahun 2013. Namun kredit yang dicairkan baru untuk 120 orang. Kredit cair Rp 17 Miliar, pendebetan dilakukan langsung oleh Bank Riau Cabang Kampar kepada Anton (pemilik lahan,red) ", ungkapnya.

Anehnya, kredit bisa cair walaupun agunan masih belum jelas bahkan masih SKGR. Dimana apabila agunan SKGR, status agunan hanya berbentuk SKMHT (Surat Kuasa Membebankan Hak Tanggungan) dan kredit belum bisa dicairkan karena harus beralih dulu menjadi APHT (Akta Pemberian Hak Tanggungan) yang disahkan dihadapan Notaris / PPAT. Akibat lalainya pengikatan ini obyek Hak Tanggungan (SKGR, red) tidak dapat dijual dan dilelang oleh Bank jika debitur wanprestasi (macet)


Menyikapi hasil pemeriksaan dan keterangan dari pengurus Koperasi tersebut, Fajar pun tidak bisa memberikan keterangannya, "gini aja, saya kan dijadwalkan pemanggilan hari Kamis besok, jadi tunggu aja dari hasil pemeriksaan itu, ya". tutupnya. (dow)


Pasca penyelidikan yang dilakukan oleh Ditkrimsus Polda Riau pada hari Jumat (15/4) terhadap dugaan kredit bermasalah Rp 17 Miliar di Koperasi Majapahit. Pimpinan Bank Riau Kepri Cabang Pembantu Kampar, Fajar Restu dipanggil untuk dimintai keterangannya.

Post a Comment

Powered by Blogger.