PEKANBARU, TAMPAN - Bus vaksinasi keliling berhenti sementara melayani masyarakat sejak pertengahan Juli 2021 lalu. Pasalnya, bus tersebut masih menanti pasokan tambahan vaksin Covid-19.

Sepuluh bus vaksin keliling di Kota Pekanbaru masih belum bisa beroperasi untuk sementara. Bus yang seyogyanya melayani masyarakat kini harus parkir sembari menanti datangnya pasokan vaksin.

Seluruh bus kini parkir sementara di Rumah Sakit Daerah (RSD) Madani, Jalan Garuda Sakti. Bus tersebut parkir di areal belakang rumah sakit. Ada penjaga mengawasi bus tersebut memeriksa kondisinya.

"Kondisi bus keliling saat ini masih bagus, cuma belum bisa beroperasi seperti biasany," terang Kordinator Bus Vaksinasi Keliling Kota Pekanbaru, Khairunnas, Kamis 5 Agustus 2021.

Khairunnas mengaku pihaknya masih menanti pasokan tambahan vaksin dari pemerintah pusat. Karenanya bus vaksinasi keliling belum beroperasi karena vaksin di Kota Pekanbaru dalam keadaan kosong.

Ia sudah mencoba meminta bantuan ke Dinas Kesehatan Provinsi Riau, TNI dan Polri. Namun pasokan vaksin masih kosong. Dirinya mengajak masyarakat untuk bisa langsung mengakses layanan vaksin di puskesmas terdekat.

Masyatakat bisa mengakses layanan vaksin dosis pertama atau kedua di layanan kesehatan pemerintah. "Kita berharap di puskesmas masih tersedia pasokan dosis vaksin," paparnya.

Bus vaksinasi keliling sudah beroperasi sejak 28 Mei 2021 silam. Total ada sepuluh unit bus vaksinasi keliling. Satu unit bus menjangkau sejumlah lokasi secara bergantian setiap harinya.

Bus ini awalnya bertujuan mempermudah masyarakat guna mendapat akses vaksinasi. Masyarakat yang hendak mengakses layanan bus vaksinasi keliling hanya cukup memperlihatkan KTP. Selanjutnya menjalani pemeriksaan kesehatan sebelum mendapat suntikan vaksin Covid-19.(dow)

Post a Comment

Powered by Blogger.