INDRAGIRI HULU, RENGAT - Ratusan buruh yang tergabung dalam forum lintas serikat pekerja buruh se Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) melakukan aksi demonstrasi di kantor Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Inhu, Jumat (3/5/2019).

Pada saat aksi tersebut tampak beberapa serikat butuh, diantaranya Hukatan KSBSI, FSPTI KSPSI, SP3 SPSI dan juga NIBA. Pada aksi buruh tersebut, massa aksi menyampaikan lima tuntutannya melalui pimpinan-pimpinan serikat buruh.

Salah satu tuntan mereka adalah meminta Kepala Disnaker Inhu, Endang Mulyawan untuk dicopot dari jabatannya. Koordinator aksi, Wiston Pandiangan sekaligus Ketua Hukatan KSBSI menyampaikan empat alasannya.

Pertama, Kadisnaker Inhu tidak mau mengurus Upah Minimum Kabupaten (UMK) Kabupaten Inhu yang telah diusulkan oleh Bupati Inhu. Alasan kedua, Kadisnaker menyelesaikan permasalahan pekerja atau buruh tidak pada tempatnya atau di luar kantor Disnaker.

"Kadisnaker melibatkan institusi yang tidak berkewenangan menangani masalah pekerja atau buruh, pemutusan hubungan kerja (PHK), serta melakukan pembiaran tindakan PHK sepihak oleh pihak perusahaan," katanya.

Alasan keempat Kadisnaker Inhu disebut berpihak kepada salah satu organisasi pekerja atau buruh sehingga dapat memicu terjadinya konflik. Usai menyampaikan tuntutan di hadapan Kadisnaker Inhu, massa aksi bergerak ke kantor Bupati Inhu.

Di halaman kantor Bupati Inhu, massa aksi sempat berorasi dan kemudian ditemui oleh Bupati Inhu, Yopi Arianto. Saat menemui buruh, Yopi berkata akan menjawab seluruh tuntutan buruh setelah menunaikan ibadah Sholat Jumat. Saat ini massa aksi masih berkumpul di halaman kantor Bupati Inhu.(dow)

source : berita inhu

INDRAGIRI HULU, RENGAT - Ratusan buruh yang tergabung dalam forum lintas serikat pekerja buruh se Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) melakukan aksi demonstrasi di kantor Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Inhu, Jumat (3/5/2019). Pada saat aksi tersebut tampak beberapa serikat butuh, diantaranya Hukatan KSBSI, FSPTI KSPSI, SP3 SPSI dan juga NIBA. Pada aksi buruh tersebut, massa aksi menyampaikan lima tuntutannya melalui pimpinan-pimpinan serikat buruh.

Post a Comment

Powered by Blogger.