KEP MERANTI, TEBING TINGGI - Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Peternakan (DKPTPP) Kabupaten Kepulauan Meranti menemukan cacing hati pada sapi kurban.

Cacing hati tersebut ditemukan dokter hewan pada saat melakukan pemeriksaan daging kurban di Masjid Mujahidin, Jalan Dorak, Kecamatan Tebingtinggi.

"Saat petugas kami memeriksa daging qurban di situ, petugas kami menemukan cacing hati di satu sapi kurban," ujar Kabid Peternakan DKPTPP Kabupaten Kepulauan Meranti, Armizar, Rabu (22/8/2018).

Menurut Armizar, organ sapi qurban yang telah terinfeksi cacing hati akan berdampak buruk pada kesehatan jika dimakan. Sebab itu kata Armizar, petugas tidak memperbolehkan panitia qurban tersebut untuk mengkonsumsi organ sapi qurban yang terinfeksi.

"Organ yang terinfeksi saja yang tidak boleh, yang lain tidak apa-apa," ujar Armizar.

Ia mengungkapkan cacing hati ini berasal dari pakan rumput sapi yang terinfeksi parasit cacing. Terinfeksinya sapi oleh cacing hati baru bisa diketahui setelah dilakukan pemeriksaan setelah penyembelihan.

"Jadi tidak bisa dilihat secara kasat mata, harus disembelih dulu. Sebab, gejalanya tidak tampak seperti penyakit lainnya," ujar Armizar.(dow)

source : beritameranti

KEP MERANTI, TEBING TINGGI - Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Peternakan (DKPTPP) Kabupaten Kepulauan Meranti menemukan cacing hati pada sapi kurban. Cacing hati tersebut ditemukan dokter hewan pada saat melakukan pemeriksaan daging kurban di Masjid Mujahidin, Jalan Dorak, Kecamatan Tebingtinggi.

Post a Comment

Powered by Blogger.