PELALAWAN, PANGKALAN KERINCI - Dinas Pendidikan (Disdik) Pelalawan merilis jadwal Penerimaan Pesera Didik Baru (PPDB) tahun 2018 untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Perta (SMP).

Menurut Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Pelalawan, Syafruddin M.Si, penerimaan murid baru untuk SD dan SMP digelar secara bersamaan. PPDB dibuka selama tiga hari mulai tanggal 25 hingga 27 Juni mendatang. Penerimaan dilaksanakan langsung di sekolah masing-masing hal ini berlaku bagi sekolah negeri.

"PPDB itu serentak untuk seluruh kabupaten dan kota di Riau. Untuk persoalan teknisnya akan kembali dirapatkan," ungkap Syafruddin kepada beritapelalawan.com.

Disdik akan membuat formulasi baru mengenai sistem penerimaan siswa baru yang sering menjadi polemik di Pelalawann khususnya Kecamatan Pangkalan Kerinci dan Pangkalan Kuras. Pihaknya akan mengaktifkan sistem zonasi pendaftaran. Warga yang tinggal lebih dekat dengan sekolah lebih diperioitaskan.

Biasanya, lanjut Syafruddin, setelah masa pendaftaran dan pengambilan formulir, pihak sekolah mengadakan test atau ujian dalam menyaring para pendaftar sesuai dengan kemampuan calon siswa. Tentunya menyesuaikan juga terhadap daya tampung yang ada.

"Kita akan membicarakan hal-hal teknisnya dengan mengundang pihak sekolah, khususnya sekolah yang sering kelebihan daya tampung," tukasnya.

Syafrudin mengungkapkan, kekurangan daya tampung akan terjadi pada tingkat pendidikan SMP negeri di Pangkalan Kerinci dan Pangkalan Kuras. Diperkirakan kekurangan bangku dan daya tampung lebih dari 10 kelas. Namun pihaknya sedikit terbantu dengan empat lokal bekas gedung SMA Negeri Bernas yang telah dikosongkan.

"Tapi kalau warga mau ke swasta, daya tampung mencukupi. Masalahnya sekarang semuanya pengen ke sekolah negeri," tandasnya.(dow)

PELALAWAN, PANGKALAN KERINCI - Dinas Pendidikan (Disdik) Pelalawan merilis jadwal Penerimaan Pesera Didik Baru (PPDB) tahun 2018 untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Perta (SMP).

Post a Comment

Powered by Blogger.