RIAU, PEKANBARU -  Pemimpin Devisi Produk, Dana dan Jasa Bank Riau Kepri (BRK) Andi Mulya menyebutkan, hingga Maret 2017 ini, BRK telah menghimpun dana dari program Tabungan Simpanan Pelajar (Simpel) sebesar Rp 7,7 miliar.

"Pencapaian kita sudah mencapai Rp 7,7 miliar. Dan pencapaian tersebut merupakan dana yang kita himpun dari sekolah-sekolah yang ada di Riau dan Kepri," kata Andi kepada RiauCitizen, Kamis (06/04/2017).

Hingga saat ini, setidaknya BRK telah melakukan kerjasama dengan pihak sekolah sebanyak 625 sekolah di Riau dan Kepri. Sedangkan untuk total rekening yang telah dibuka adalah 33.400 rekening.

"Program Tabungan Simpel ini tidak hanya berlaku untuk BRK konvensional saja, tapi juga untuk BRK Syariah. Dan untuk setoran yang diberikan kepada siswa juga tidak besar dan dapat dijangkau," tambahnya lagi.

Hanya dengan melakukan transaksi awal Rp 5.000, siswa sidah dapat menggunakan tabungan Simpel tersebut. Namun, untuk yang menabung di BRK Syariah juga bisa, dengan saldo setoran awal sebesar Rp 1.000 juga sudah bisa menggunakan program tersebut.

"Setelah para siswa melakukan pembukaan saldo, untuk selanjutnya siswa bisa menabung atau setoran selanjutnya minimal Rp 1.000 saja. Kalau merela ingin menggunakan atm juga bisa, tapi minimal penyetorannya sebesar Rp 50.000," kata Andi.

Menariknya lagi, dengan menggunakan program tabungan Simpel ini, tabungan siswa tidak dikenakan potongan apapun. Sehingga, berapapun tabungan yang ada direkening siswa, tetap tanpa potongan.

Adapun tujuan dari dijalankan program tabungan Simpel ini, adalah sebagai motivasi bagi siswa untuk menabung di usia dini, selain itu program ini menjadi edukasi kepada siswa untuk lebih mengenal dunia perbankan dan mengajarkan siswa menabung untuk merencanakan apa yangdi inginkan dimasa depan.

"Untuk tabungan Simpel ini, kita akan targetkan sebesar 40.000 rekening di tahun 2017 ini. Dan kita optimis pencapaian tersebut bisa kita lakukan," tutup Andi.

Sebagaimana diketahui, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pusat pada tahun 2015 lalu meluncurkan produk Simpanan Pelajar (Simpel). Program ini sendiri pada awal peluncuran hanya  bank nasional baik konvensional maupun syariah saja yang menjadi bank penghimpun dana dari siswa tersebut.

Kemudian, program tersebut akhirnya juga dapat dilakukan oleh Bank Pembangunan Daerah (BPD) sebagai pihak penghimpun untuk program Tabungan Simpel tersebut, salah satunya adalah Bank Riau Kepri.(bal/brk*04)

emimpin Devisi Produk, Dana dan Jasa Bank Riau Kepri (BRK) Andi Mulya menyebutkan, hingga Maret 2017 ini, BRK telah menghimpun dana dari program Tabungan Simpanan Pelajar (Simpel) sebesar Rp 7,7 miliar. "Pencapaian kita sudah mencapai Rp 7,7 miliar. Dan pencapaian tersebut merupakan dana yang kita himpun dari sekolah-sekolah yang ada di Riau dan Kepri," kata Andi kepada RiauCitizen, Kamis (06/04/2017). Hingga saat ini, setidaknya BRK telah melakukan kerjasama dengan pihak sekolah sebanyak 625 sekolah di Riau dan Kepri. Sedangkan untuk total rekening yang telah dibuka adalah 33.400 rekening. "Program Tabungan Simpel ini tidak hanya berlaku untuk BRK konvensional saja, tapi juga untuk BRK Syariah. Dan untuk setoran yang diberikan kepada siswa juga tidak besar dan dapat dijangkau," tambahnya lagi. Hanya dengan melakukan transaksi awal Rp 5.000, siswa sidah dapat menggunakan tabungan Simpel tersebut. Namun, untuk yang menabung di BRK Syariah juga bisa, dengan saldo setoran awal sebesar Rp 1.000 juga sudah bisa menggunakan program tersebut.

Post a Comment

Powered by Blogger.