BERITA RIAU, JAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) berupaya mengurangi jumlah pegawai negara sipil (PNS). Jumlah PNS saat ini dinilai belum ideal.

 http://www.riaucitizen.com/search/label/Berita%20Riau
MenPan RB, Yuddy Chrisnandi
Menpan-RB Yuddy Chrisnandi mengatakan, idealnya jumlah PNS adalah 1,5 persen dari jumlah penduduk. Menurutnya, pengurangan jumlah PNS ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Sementara ini dalam kajian Kemenpan-RB, rasio jumlah pegawai pemerintah terhadap penduduk yang ideal 1,5 persen saat ini posisinya 1,77 persen," katanya di Jakarta, Kamis (25/2/16).

Lebih lanjut politisi Partai Hanura menjelaskan, upaya yang dilakukan antara lain melakukan moratorium hingga pertumbuhan jumlah pegawai yang negatif. Dia mencontohkan, pertumbuhan negatif yang dimaksud adalah jika ada PNS yang pensiun 500 ribu, PNS yang baru tidak lebih dari 500 ribu.

"Dari angka 4,5 juta begitu ada yang pensiun 500 ribu yang masuk tidak akan melampaui itu. Itu kan zero growth itu, kan negatif," ungkapnya.


Bahkan, demi mencapai penataan PNS yang sesuai UU, pihaknya akan meneruskan moratorium PNS hingga tahun 2019. Dirinya berharap, PNS yang bekerja untuk negara bisa memiliki kinerja yang kompetitif.

"Iya, sementara itu kalau tidak ada itu moratorium akan berlanjut sampai 2019. Pendekatan pegawai negatif to zero growth itu di ranah paling ideal," sebutnya.(dow)

source : jpnn

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) berupaya mengurangi jumlah pegawai negara sipil (PNS). JumlahPNS saat ini dinilai belum ideal. Menpan-RB Yuddy Chrisnandi mengatakan, idealnya jumlah PNS adalah 1,5 persen dari jumlah penduduk. Menurutnya, pengurangan jumlah PNS ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas Aparatur Sipil Negara (ASN).

Post a Comment

Powered by Blogger.