BERITA RIAU, SIAK - Kabupaten Siak menjadi daerah pertama yang punya asrama haji di Indonesia. Asrama “Sultan Yahya” berkapasitas 165 orang itu berdiri megah di dekat komplek Islamic Center Madinatul Ulum Masjid Raya Sultan Syarif Hasyim Siak Sri Indrapura.

 http://www.riaucitizen.com/search/label/Berita%20Siak
Asrama ini melengkapi fasilitas yang sudah disiapkan oleh Pemkab Siak untuk membantu urusan masyarakat Siak yang mau naik haji maupun Umroh. 

“Kita sudah membikin Sistim Komputerisasi Haji Terpadu di kantor pelayanan satu atap yang ada  komplek kantor Kementerian Agama Kabupaten Siak. 

Di sana, masyarakat yang mau naik haji dan umroh sudah bisa berurusan. Mereka tak lagi bolak balik kantor agama, bank dan kantor agama lagi. Sebab di kantor itu sudah ada semua. Ada pejabat dari kantor agama dan bank. Jadi dalam hitungan jam insya allah, urusan masyarakat sudah beres,” kata Bupati Siak, Syamsuar usai mendampingi Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag RI, Prof. Abdul Djamil.

 http://www.riaucitizen.com/search/label/Berita%20Siak
Bagi Prof Djamil, apa yang sudah dibikin oleh Pemkab Siak tadi adalah respon bagus terhadap masyarakat Siak yang religius dan Islami. 

“Tak hanya fasilitas tadi, saya juga dapat kabar kalau sederet kegiatan Islami juga sudah berjalan di sini. Termasuk maghrib mengaji yang menjadi ciri khas adat melayu,” katanya.

Dan apa yang dilakukan oleh Pemkab Siak itu kata Djamil menjadi pertanda konsistennya Pemkab Siak untuk melanjutkan perjuangan para pemimpinan masa lalu di Siak. “Siak adalah kerajaan besar. Religius dan islami menjadi ciri khas di jaman itu,” ujarnya.(sia02)

Kabupaten Siak menjadi daerah pertama yang punya asrama haji di Indonesia. Asrama “Sultan Yahya” berkapasitas 165 orang itu berdiri megah di dekat komplek Islamic Center Madinatul Ulum Masjid Raya Sultan Syarif Hasyim Siak Sri Indrapura.

Post a Comment

Powered by Blogger.