DUMAI, DUMAI KOTA - Tim Patroli Lanal Dumai menggagalkan penyelundupan ratusan ball pakaian bekas asal Malaysia, Rabu (23/5/2018) malam kemarin. Mereka menggagalkannya saat kapal Teguh I GT 70 melintas di Peraian Api Api Selat Bengkalis.

Ada dugaan kapal hendak membawa ratusan ball pakaian bekas impor menuju kawasan Bengkalis. Penangkapan kapal sarat muatan pakaian bekas ilegal bermula dari informasi kapal hendak melintas di perairan tersebut.

Ada dugaan kapal pengangkut barang ilegal sengaja masuk perairan pada Rabu malam. Tim pun berhasil menggagalkan kapal yang sarat muatan pakaian bekas impor. Mereka berhasil mendeteksi kapal kargo yang terbuat dari kayu meski berlayar tanpa penerangan. Personel Lanal Dumai pun langsung memeriksa kondisi kapal.

Mereka mendapati kapal memuat ratusan ball pakaian bekas impor yang diduga dari Port Klang, Malaysia. Para awak kapal tak dapat memperlihatkan dokumen berlayar dari Malaysia menuju Bengkalis.

Pihak Lanal Dumai juga mengamankan enam awak kapal termasuk kapten kapal. Mereka pun menarik kapal hasil penegahan di laut tersebut ke Dermaga TNI AL Bangsal Aceh, Kota Dumai.

Danlanal Dumai, Kolonel Laut (e) Yose Aldino memaparkan penegahan satu kapal berisi ratusan ball pakaian bekas di Dermaga TNI AL Bangsal Aceh, Jum'at (25/5/2018). 

"Kita lakukan penahanan terhadap kapal dan awak kapal karena diduga melakukan pelanggaran kepelayaran dan kepabeanan," papar Yose dalam ekspos, Jum'at (25/5/2018).

Menurutnya, pihak Lanal Dumai masih mendalami dugaan pelanggaran lain oleh para awak kapal. Penegahan kapal ini dalam upaya mencegah aksi penyelundupan di perairan. Mereka juga menindaklajuti adanya barang bukti lain di kapal.

Yose mengatakan pihaknya sudah berkordinasi dengan Koarmabar untuk menindaklanjuti tegahan ini. Mereka juga berkordinasi dengan Bea Cukai Dumai terkait barang tegahan tersebut.(dow)

DUMAI, DUMAI KOTA - Tim Patroli Lanal Dumai menggagalkan penyelundupan ratusan ball pakaian bekas asal Malaysia, Rabu (23/5/2018) malam kemarin. Mereka menggagalkannya saat kapal Teguh I GT 70 melintas di Peraian Api Api Selat Bengkalis. Ada dugaan kapal hendak membawa ratusan ball pakaian bekas impor menuju kawasan Bengkalis. Penangkapan kapal sarat muatan pakaian bekas ilegal bermula dari informasi kapal hendak melintas di perairan tersebut.

Post a Comment

Powered by Blogger.