PEKANBARU, SUKAJADI - KPU Kota Pekanbaru sudah menutup pendaftaran bakal calon Walikota dan wakil Walikota Pekanbaru dari jalur independen atau perorangan. Sudah ada tiga Pasangan calon dari jalur non partai yang resmi mendaftar.

Hal itu disampaikan Ketua Divisi Teknis Komisi Pemilihan Umum Kota Pekanbaru, Mai Andri kepada Wartawan. “Tiga pasangan sudah resmi mendaftar, dua sudah lolos penghitungan dukungan minimal. Tinggal Alisyah Bana dan Kender yang masih kita hitung, kemungkinan sampai sore ini,” kata Mai Andri.

 http://www.riaucitizen.com/search/label/Berita%20Pekanbaru
Artinya ada tiga pasangan calon yang ingin maju dari jalur non partai pada Pilwako 2017. Yakni Dr Syahril - Said Zohrin SH MH, Herman Nazar - Devi Warman, dan Alisyah Bana - Kender.

Selanjutnya, akan dilanjutkan pada tahap verifikasi administrasi dan faktual. “Proses awal kita menghitung apakah surat dukungan sudah memenuhi syarat minimal apa belum. Kalau sudah maka akan kita serahkan ke PPs untuk veeifikasi administrasi dan faktual,” katanya.

Jumlah minimal 47.041 atau 7,5 persen dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu Presiden 2014 lalu sebesar 627.212 jiwa. Dengan penyebaran minimal di 7 kecamatan dari 12 kecamatan di Pekanbaru.

Setelah penyerahan syarat dukungan paslon jalur non partai ditutup, maka dilanjutkan verifikasi administrasi mulai tanggal 6-20 Agustus 2016. Kemudian 21 Agustus 2016 dukungan yang lolos verifikasi awal akan diserahkan pada PPS, untuk dilakukan verifikasi faktual pada 24 Agustus 2016 sampai dengan 6 September 2016.

Untuk rekapitulasi tingkat kecamatan akan berlangsung pada 7 September 2016 dan rekapitulasi di tingkat kota Pekanbaru pada 10-12 September 2016.

Jika dari hasil verifikasi ada kekurangan syarat minimal dukungan, maka Paslon Independen diberi kesempatan memperbaiki pada tanggal 1-3 Oktober 2016. “Tetapi dengan catatan kekurangan tersebut dipenuhi dua kali lipat dari jumlah,” sebut Mai Andri.

Setelah rangkaian proses tersebut, baru dilanjutkan pada Penetapan Paslon Walikota dan Wakil Walikota baik jalur perseorangan atau Parpol pada 24 Oktober 2016. Selanjutnya pengundian nomor urut pada 25 Oktober 2016

Seperti diketahui, calon incumbent atau petahana Firdaus MT dan Ayat Cahyadi menyatakan maju untuk menjadi Walikota Pekanbaru. Bahkan Ayat Cahyadi berpasangan Irvan Herman sudah diusulkan PKS Riau ke pusat untuk maju calon Walikota dan Wakil Walikota.

Sedangkan Firdaus MT memang masih belum jelas mendapat perahu Partai pengusung. Kendati merupakan Ketua DPC Demokrat Pekanbaru, Firdaus MT santer dikabarkan sudah merapat dengan PDIP untuk diusung sebagai bakal calon.(dow/ber)

source : www.riau.news

KPU Kota Pekanbaru sudah menutup pendaftaran bakal calon Walikota dan wakil Walikota Pekanbaru dari jalur independen atau perorangan. Sudah ada tiga Pasangan calon dari jalur non partai yang resmi mendaftar. Hal itu disampaikan Ketua Divisi Teknis Komisi Pemilihan Umum Kota Pekanbaru, Mai Andri kepada Wartawan. “Tiga pasangan sudah resmi mendaftar, dua sudah lolos penghitungan dukungan minimal. Tinggal Alisyah Bana dan Kender yang masih kita hitung, kemungkinan sampai sore ini,” kata Mai Andri. Artinya ada tiga pasangan calon yang ingin maju dari jalur non partai pada Pilwako 2017. Yakni Dr Syahril - Said Zohrin SH MH, Herman Nazar - Devi Warman, dan Alisyah Bana - Kender.

Post a Comment

Powered by Blogger.