INDRAGIRI HILIR, TANAH MERAH - Sebanyak 147 orang Mandi Lumpur Diatas Papan Tongkah memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI), Ahad (7/8/16). Kegiatan Mandi Lumpur yang menarik perhatian ribuan masyarakat Kecamatan Tanah Merah dan sekitarnya ini merupakan bagian dari Festival Menongkah Heritage yang digelar di Pantai Bidari, Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Tanah Merah. 

Pada pembukaan iven Festival Menongkah Heritage ini, Bupati Inhil H Muhammad Wardan sempat merasakan meluncur diatas lumpur dengan menggunakan papan tongkah (lembaran papan atau fiber yang dijadikan alas saat meluncur diatas lumpur). 

http://www.riaucitizen.com/search/label/Berita%20Inhil
Bupati H Muhammad Wardan sangat mengapresiasi kegiatan Festival Menongkah Heritage dan perlu dikembangkan sehingga dapat menarik perhatian wisatawan berkunjung ke daerah ini. 

"Kegiatan ini harus dilaksanakan setiap tahun dan ditingkatkan promosinya sehingga lebih kenal masyarakat di luar Inhil," harapnya. 

Sedangkan Kepala Disporabudpar Inhil Junaidi Ismail menerangkan, selain tradisi Menongkah yang unik, Pantai Bidari ini memiliki hamparan pasir sersah (dari biota laut seperti kerang-kerangan yang telah hancur dan halus seperti pasir). 

"Pantai Bidari ini juga tidak kalah menariknya dengan Pantai Solop yang ada di Kecamatan Mandah. Dengan hamparan sersahnya sepanjang 2 kilometer," jelasnya. 

http://www.riaucitizen.com/search/label/Berita%20Inhil
Pihaknya akan mengintensifkan keberadaan Pantai Bidari dengan eksotisme yang dimilikinya kepada masyarakat, khususnya yang berada di luar Inhil. 

Untuk diketahui, Menongkah merupakan bagian tradisi dan kearifan lokal Suku Laut yang termasuk golongan Proto Melayu (Melayu Tua) saat mencari kerang diatas hamparan lumpur yang menghampar luas saat air laut surut.(hum08)

Sebanyak 147 orang Mandi Lumpur Diatas Papan Tongkah memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI), Ahad (7/8/16). Kegiatan Mandi Lumpur yang menarik perhatian ribuan masyarakat Kecamatan Tanah Merah dan sekitarnya ini merupakan bagian dari Festival Menongkah Heritage yang digelar di Pantai Bidari, Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Tanah Merah.

Post a Comment

Powered by Blogger.