PEKANBARU, TENAYAN RAYA - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru sedang bimbang. Penyebabnya akan ada banyak proyek multiyears atau tahun jamak yang bakal terancam tunda bayar. Penyebabnya tidak lain dan tidak bukan adalah imbas berkurangnya pendapatan daerah dari pemerintah pusat dan Provinsi Riau. Bahkan dari beberapa proyek multiyears Pemko Pekanbaru yang sudah berjalan, kemungkinan hanya proyek pembangunan RSUD Pekanbaru Tipe C yang akan dituntaskan pembayarannya hingga akhir 2016.

http://www.riaucitizen.com/sehttp://www.riaucitizen.com/search/label/Berita%20Pekanbaruarch/label/Berita%20Pekanbaru
Seperti yang disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Pekanbaru, M Noer kepada wartawan. Selain RSUD, proyek lain kemungkinan masuk dalam rencana tunda bayar.

Katanya tunda bayar itu terpaksa dilakukan karena rasionalisasi anggaran. "Mungkin hanya pembangunan RSUD Pekanbaru yang akan kita lunasi karena mendesak," sebut M Noer, Kamis (16/06/2016).

M Noer juga menjelaskan kondisi ini  bukan kemauan Pemko Pekanbaru sepihak, namun memang murni karena imbas dari berkurangnya pendapatan dan melemahnya perekonomian secara nasional. “Ini karena terpaksa memang begitu kondisinya dan bukan keinginan kita sepihak," tuturnya.

M  Noer  menyebut kepada SKPD pelaksana teknis proyek multiyears sudah diminta untuk melakukan perundingan dengan pihak ketiga selaku pelaksana pembangunan di lapangan. Jika memungkinkan Pemko Pekanbaru tetap berharap pekerjaan fisik tetap berlanjut namun pembayaran ditunda tahun depan.

"Alternatif lain, pekerjaan disesuaikan dengan kemampuan anggaran yang dimiliki Pemko saja," ujarnya.

Jika hal itu dilakukan maka akan banyak proyek yang mangkrak. Sebab pengerjaan proyek tidak selesai karena keuangan sudah habis untuk membiayai pembangunan multiyears.

Tentang nominal kemungkinan rasionalisasi anggaran Pemko Pekanbaru yang akan ditetapkan dalam APBD P 216 ini, M Noer menolak merinci dan menyebut masih dalam tahap penghitungan. “Rasionalisasi itu pastinya nanti di APBDP saja, sekarang kita masih menghitung sembari menunggu hasil audit BPK untuk anggaran tahun 2015 lalu," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, beberapa proyek multiyear pemko Pekanbaru selain RS Pekanbaru adalah pembangunan SMK tekhnologi, SMP Madani, pembangunan pusat perkantoran terpadu Tenayan Raya serta pembangunan jalan lingkar luar.(dow/rik)

Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru sedang bimbang. Penyebabnya akan ada banyak proyek multiyears atau tahun jamak yang bakal terancam tunda bayar. Penyebabnya tidak lain dan tidak bukan adalah imbas berkurangnya pendapatan daerah dari pemerintah pusat dan Provinsi Riau. Bahkan dari beberapa proyek multiyears Pemko Pekanbaru yang sudah berjalan, kemungkinan hanya proyek pembangunan RSUD Pekanbaru Tipe C yang akan dituntaskan pembayarannya hingga akhir 2016.

Post a Comment

Powered by Blogger.