BERITA RIAU, ROKAN HULU - Bupati Rokan Hulu (Rohul) Drs. H. Achmad M.Si jadi Inspektur Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Pemadam Kebakaran (Damkar) ke -97 tahun yang jatuh pada 1 Maret 2016.

Bupati Achmad dalam amanatnya mengatakan peran dari Damkar sangat penting, terutama saat terjadi bencana alam di lingkungan‎ masyarakat, seperti kebakaran lahan dan hutan (Karlahut), banjir, pohon tumbang, tanah longsor, dan bencana lain.

Menurutnya, api kecil jadi kawan, dan besar jadi lawan. Api dan air jika dalam keadaan kecil bisa dimanfaatkan masyarakat untuk kebutuhan sehari-hari, seperti memasak, minum, mandi dan lainnya.

"Namun bila api dan air sudah berkapasitas besar, akan sangat berbahaya bagi masyarakat, dan bisa sebabkan bencana," jelas Bupati Achmad.

Bupati Rohul dua periode ini mengimbau masyarakat tidak bermain api, apalagi menyebabkan Karlahut dan berdampak asap.

Ia mengatakan tugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rohul sangat berat dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya. Bahkan, ketika melaksanakan tugas, petugas BPBD bertaruh nyawa.

Seperti saat kejadian kebakaran, anggota BPBD merupakan petugas paling berani ketika memadamkan api, termasuk menolong korban yang terjebak.

Hal serupa juga dalam penanganan bencana banjir. Para petugas BPBD juga sangat rentan jadi korban keganasan air bah. Dari itu dalam setiap tugas, mereka harus teliti dan lebih berhati-hati.

Mengingat besarnya risiko yang dihadapi petugas ataupun anggota BPBD, Pemkab Rohul berencana memberikan tambahan insentif, sehingga mereka tetap bersemangat dalam melaksanakan tugasnya.

‎"Saya berharap di HUT Pemadam Kebakaran ke-97 tahun ini, BPBD (Rohul) semakin baik dan mantap, sehingga kehadirannya benar-benar berguna bagi masyarakat," sampainya.

Bupati Achmad menambahkan meski keterbatasan alat dan perlengkapan, hal itu tidak jadi suatu alasan bagi BPBD Rohul dalam memaksimalkan kinerja dalam penanganan bencana.

"Kalau perlengkapan sudah lengkap dan berhasil itu merupakan hal yang biasa, jadilah yang luar biasa mulai saat ini," imbau Bupati Rohul Achmad.(rou03)

Bupati Rokan Hulu (Rohul) Drs. H. Achmad M.Si jadi Inspektur Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Pemadam Kebakaran (Damkar) ke -97 tahun yang jatuh pada 1 Maret 2016.

Post a Comment

Powered by Blogger.