BERITA RIAU, PEKANBARU - Bersempena Milad ke-53 Universitas Riau (UR), dan peringatan Hari ulang Tahun (HUT) TNI ke-70, Universitas Riau menggelar kegiatan Pelestarian keaneka ragaman hayati Riau dan penanaman tumbuhan untuk  mendukung kearifan budaya melayu Riau di Grand Gasing Milenium Kampus Universitas Riau, Pekanbaru, Kamis(15/10).

Hadir dalam acara ini Plt Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman, Rektor Universitas Riau Aras Mulyadi, Kepala Dinas Kehutanan Riau, Fadrizal Labay, Perwakilan TNI Polri dan Civitas Akademika serta mahasiswa Universitas Riau.

Plt Gubri melakukan  penanaman 1000 pohon mendukung kearifan budaya lokal Melayu Riau bersama Rektor Universitas Riau dan tamu undangan lainnya.

Jenis tanaman lokal yang ditanam yaitu jenis tanaman pohon Kruing. Pohon inbiasa digunakan untuk pembuatan jalur yang biasa dipakai masyarakat Kuantan Singingi untuk iven wisata budaya pacu jalur.

Plt Gubernur H.Arsyadjuliandi Rachman memberikan apresiasi kegiatan ini. Apalagi dengan kegiatan ini kondisi alam dan hutan yang ada di Universitas Riau sangat terjaga. Plt Gubri berharap Universitas Riau bisa menjadi Green Kampus (Kampus Hijau) terbaik di Sumatera.


"Saya sangat mendukung kegiatan yang diselenggarakan Universitas Riau. Menanam pohon merupakan proses mengembalikan fungsi hutan yang ada di Provinsi Riau,"kata Plt Gubri.

"Kegiatan ini diadakan sebagai bukti Universitas Riau ikut serta  dalam pelestarian hutan di wiayah Riau umumnya dan Pekanbaru khususnya terutama di Universitas Riau,"ujar Rektor UR, Prof Dr  Ir Aras Mulyadi DEA.

Setelah melakukan penanaman pohon, Plt Gubri melanjutkan acara pembukaan diskusi panel yang membahas Pelestarian keaneka ragaman hayati Riau.

Acara diskusi panel dibuka langsung oleh Plt Gubri, diikuti oleh Civitas akademika serta mahasiswa UR, TNI Polri dan tamu undangan lainya, hadir sebagai sumber, Rektor Universitas Riau, kepala dinas kehutanan Provinsi Riau, dan perwakilan dari TNI.(dow/rip)

Post a Comment

Powered by Blogger.