KAMPAR, TAMBANG - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kampar mengklaim sektor pariwisata mulai menggeliat. Dibuktikan dengan objek wisata yang dibanjiri pengunjung selama libur Lebaran tahun ini.

Merujuk data resmi yang diterima, Kepala Disparbud Kampar, Zulia Dharma mengungkapkan jumlah kunjungan sekitar 120.000 orang. Data ini baru diterima dari sebagian objek wisata di Kampar.

"Pariwisata kita mulai menunjukkan peningkatan," kata Zulia, Jumat (22/6/2018) malam lalu.

Data tersebut dihimpun dari tujuh destinasi wisata periode 15 sampai 22 Juni 2018 atau sepekan libur Lebaran. Kunjungan tertinggi di Pulau Cinta Desa Teluk Jering Kecamatan Tambang yang mencapai 85.720 orang.

Jauh di atas Candi Muara Takus yang hanya dikunjungi sekitar 7.500 orang. Meski begitu Candi yang terletak di Desa Muara Takus Kecamatan XIII Koto Kampar ini menjadi paling banyak kedua dikunjungi.

Berselisih tipis dengan Puncak Ulu Kasok di Desa Pulau Godang Kecamatan XIII Koto Kampar sebanyak 7.000 orang. Ulu Kasok sekaligus destinasi di sekitar Waduk PLTA Koto Panjang yang paling banyak dikunjungi.

Lebih banyak dari Bukit Kompe berkisar 4.800 orang, Bukit Kelok Indah sebanyak 4.275 orang dan Sungai Kopu Desa Tanjung Kecamatan Koto Kampar Hulu sebanyak 2.900 orang. Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Belimbing Kecamatan Kuok juga patut bangga dengan jerih payahnya. Desa ini dikunjung wisatawan sebanyak 3.500 orang dalam periode yang sama.

Sebelumnya, Sekretaris Disparbud Kampar, Heri Susanto mengklaim kunjungan destinasi wisata yang sangat mungkin menembus 200.000 orang. Sebab data yang dihimpun baru dari sebagian kecil objek wisata di Kampar.

"Ada banyak objek wisata di Kampar. Kalau dikumpulkan semua, 200.000 orang bisa tembus," ungkap Heri. Menurut dia, wisatawan umumnya singgah di objek-objek yang disukai.

Wisatawan yang sengaja datang dari daerah lain untuk mengunjungi Kampar juga tidak kalah banyak. Heri mengatakan, perputaran uang di objek-objek wisata selama libur Lebaran juga luar biasa banyak. "Kalau satu orang aja, katakan rata-rata 50.000, sudah berapa uang yang masuk ke Kampar," ulasnya. (dow)

KAMPAR, BANGKINANG - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kampar mengklaim sektor pariwisata mulai menggeliat. Dibuktikan dengan objek wisata yang dibanjiri pengunjung selama libur Lebaran tahun ini. Merujuk data resmi yang diterima, Kepala Disparbud Kampar, Zulia Dharma mengungkapkan jumlah kunjungan sekitar 120.000 orang. Data ini baru diterima dari sebagian objek wisata di Kampar.

Post a Comment

Powered by Blogger.