INDRAGIRI HILIR, TEMBILAHAN - Bupati Inhil H Muhammad Wardan menghadiri pertemuan koordinasi dan penanda-tanganan Nota Kesepahaman Kementerian Kesehatan dengan Pemerintah Daerah Kabupaten tentang Nusantara Sehat, Senin (26/9/16). 

Dalam kegiatan yang digelar di Mercure Convention Centre Ancol, Jakarta ini, bupati didampingi Kepala Dinas Kesehatan dan pejabat terkait lainnya. 

Menteri Kesehatan RI, Nila F Moeloek menyampaikan, fokus kebijakan Kementerian Kesehatan RI untuk periode 2015-2019 adalah salah satu-satunya adalah penguatan pelayanan kesehatan primer. Penguatan pelayanan primer mencakup 3 hal yaitu fisik ( pembenahan Infrastuktur),sarana (pembenahan fasilitas) dan sumber daya manusia (penguatan tenaga kesehatan selain dokter) 

 http://www.riaucitizen.com/search/label/Berita%20Inhil
Untuk membantu meningkatkan kesehatan di wilayah Daerah Tertinggal, Perbatasan dan Kepulauan (DTPK) dan PDB, hari ini sebanyak 41 Bupati menandatangani Nota kesepahaman (MOU) dengan Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan, Untung Suseno Sutarjo yang disaksikan langsung oleh 22 Kadinkes Provinsi dan 41 Kadinkes Kabupaten. 

"Penandatangan Nota Kesepahaman ini dilakukan untuk mendukung penugasan khusus tenaga kesehatan Berbasis Tim (Team Based) dalam mendukung Pelaksanaan Program Nusantara Sehat," ujar Menkes. 

Pembentukan dari tim Nusantara Sehat (NS) merupakan implementasi dari program indonesia sehat, yang terdiri dari 3 komponen, yaitu mewujudkan Paradigma Sehat, penguatan Pelayanan Kesehatan dan Jaminan Kesehatan Nasional. 

Melalui program tersebut diharapkan Kementerian Kesehatan bersama Pemerintah Daerah Provinsi dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota mampu meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan yang berkualitas secara terintegrasi, terpadu dan komprehensif di DTPK dan DBK sebagai wujud tanggung jawab Negara hadir di tengah-tengah masyarakat. 

Kepala Dinas Kesehatan Inhil H Zainal Arifin menyatakan, untuk Kabupaten Inhil ada 2 dua daerah yang mendapatkan penugasan khusus tenaga kesehatan Berbasis Tim (Team Based) dari Kementerian Kesehatan. 

Tim ini terdiri dari Dokter Umum, Perawat, Bidan, Tenaga Kesehatan Masyarakat, Tenaga Kesehatan Lingkungan, Analisis Laboratorium, Tenaga Gizi dan Tenaga Kefarmasian. 

"Baru dua daerah di Inhil yang dapat, yakni di UPT Pukesmas Guntung, Kecamatan Kateman dan tahun ini di UPT Puskesmas Batang Tumu, Kecamatan Mandah," sebut Zainal. 

Sedangkan Bupati Inhil H Muhammad Wardan bersyukur atas bantuan tenaga kesehatan buat daerah terpencil di Kabupaten Inhil dari Kementerian Kesehatan ini. 

"Hal ini tentunya sangat membantu Pemerintah Daerah dalam peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, khususnya di daerah yang sangat terpencil," ungkapnya. 

Dinyatakan, Pemkab Inhil siap membantu ketersediaan tempat tinggal dan keperluan lainnya bagi tenaga kesehatan tersebut. Sehingga mereka dapat menjalankan tugasnya dengan baik di daerah penempatannya nanti. 

"Diperlukan sinergi dengan pemerintahan kecamatan dan desa, sehingga pelayanan kesehatan bagi masyarakat dapat berjalan dengan baik," imbuhnya.(hum09)

Bupati Inhil H Muhammad Wardan menghadiri pertemuan koordinasi dan penanda-tanganan Nota Kesepahaman Kementerian Kesehatan dengan Pemerintah Daerah Kabupaten tentang Nusantara Sehat, Senin (26/9/16). Dalam kegiatan yang digelar di Mercure Convention Centre Ancol, Jakarta ini, bupati didampingi Kepala Dinas Kesehatan dan pejabat terkait lainnya. Menteri Kesehatan RI, Nila F Moeloek menyampaikan, fokus kebijakan Kementerian Kesehatan RI untuk periode 2015-2019 adalah salah satu-satunya adalah penguatan pelayanan kesehatan primer. Penguatan pelayanan primer mencakup 3 hal yaitu fisik ( pembenahan Infrastuktur),sarana (pembenahan fasilitas) dan sumber daya manusia (penguatan tenaga kesehatan selain dokter) Untuk membantu meningkatkan kesehatan di wilayah Daerah Tertinggal, Perbatasan dan Kepulauan (DTPK) dan PDB, hari ini sebanyak 41 Bupati menandatangani Nota kesepahaman (MOU) dengan Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan, Untung Suseno Sutarjo yang disaksikan langsung oleh 22 Kadinkes Provinsi dan 41 Kadinkes Kabupaten.

Post a Comment

Powered by Blogger.