INDRAGIRI HILIR, BATANG TUAKA - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir menunjuk Desa Sungai Dusun, Kecamatan Batang Tuaka sebagai Kampung Keluarga Berencana (KB) di Inhil. 

http://www.riaucitizen.com/search/label/Berita%20Inhil
Pencanangan Kampung KB yang disejalankan dengan pencanangan Bulan Bhakti IBI-KB Kesehatan dan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan Tahun 2016 ini dilakukan Bupati Inhil HM Wardan di Desa Sungai Dusun, Kecamatan Batang Tuaka, Kamis (12/5/16). Ditandai dengan pembukaan selubung tugu dan penanda tanganan prasasti Kampung KB. 

Dihadiri Sekretaris Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Riau Muhammad Isnaini, Ketua DPRD, unsur Forkopimda, Ketua TP PKK Hj Zulaikhah Wardan serta beberapa pejabat di lingkungan Pemkab Inhil. 

Ketua TP PKK Inhil Hj Zulaikhah Wardan menyampaikan, pencanangan Kampung KB ini bisa menggelorakan semangat kebersamaan, kerjasama dan gotong royong dalam pelaksanaan untuk mendukung program pemerintah Kabupaten Inhil. 

"Serda dapat memberikan motivasi kepada kader PKK agar terus aktif dalam melaksanakan 10 program pokok PKK. Dalam rangka membantu kesejahteraan keluarga khususnya di bidang KB dan Kesehatan," sebutnya. 

Ditambahkan, Kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan tahun 2016 bertujuan untuk meningkatkan cakupan dan kualitas KB dan Kesehatan melalui pemberdayaan masyarakat dan kerjasama lintas sektoral dengan sasaran langsung adalah TP PKK tingkat Kabupaten, Kecamatan, Kelurahan dan Desa se-Kabupaten Inhil. 

Sekretaris BKKBN Provinsi Riau Muhammad Isnaini menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Bupati dan seluruh masyarakat Kabupaten Inhil yang telah mencanangkan Kampung KB yang di rangkai dengan Bulan Bhakti IBI-KB-Kesehatan. 

"Kegiatan ini di harapkan tumbuh dari masyarakat dan untuk masyarakat. Kampung KB tidak hanya sekedar kampung tapi kampung yang melahirkan insan-insan yang cerdas nantinya," katanya. 

Pembentukan kampung KB merupakan tindak lanjut arahan Presiden RI agar manfaat program KB dirasakan secara langsung oleh masyarakat. Maka, kita harus bersungguh-sungguh untuk menggalakkan dan menggaungkan kembali pelaksanaan program kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga. 

Sedangkan Bupati Inhil HM Wardan menegaskan, penunjukan Desa Sungai Dusun sebagai Kampung KB Tahun 2016 sudah melalui beberapa penilaian khusus. 

"Pencanangan Kampung KB ini bukan berarti semua masyarakat harus ber-KB, tapi inti dari pencanangan ini yaitu untuk merealisasikan nawacita yang ke-3 yang merupakan program Presiden Joko Widodo bahwa pembangunan harus di mulai dari pinggiran yang juga merupakan program Nasional, Provinsi, Kabupaten Kota hingga ke Kecamatan dan Desa yang harus diintegrasikan dengan program-program yang lain yang ada di SKPD," sebutnya. 

Dengan adanya program seperti ini yaitu dengan adanya Kampung KB ini dapat memberikan pelayanan-pelayanan, khususnya kepada ibu-ibu hamil akan pentingnya konsultasi dan selalu mengecek kehamilan, sehingga mampu menciptakan anak-anak yang cerdas dan sehat. 

Dalam kesempatan ini juga dilakukan penyerahan buku Menjadi Orang Tua Hebat dari BKKBN kepada bupati dan penyerahan Alat Peraga Edukatif (APE) kepada Bina Keluarga Balita Pelita Hati Desa Sungai Dusun, Akte Kelahiran dan bibit pohon. 

Bupati juga meninjau lokasi pemasangan KB yang bertempat di rumah persalinan Desa Sungai Dusun.(hum05)

Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir menunjuk Desa Sungai Dusun, Kecamatan Batang Tuaka sebagai Kampung Keluarga Berencana (KB) di Inhil.

Post a Comment

Powered by Blogger.