INDRAGIRI HILIR, TEMBILAHAN - Pemerintah daerah Kabupaten Indragiri Hilir melalui Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) secara berkelanjutan memperkenalkan kerajinan khas daerah ini, terutama melalui pameran. 

http://www.riaucitizen.com/search/label/Berita%20Inhil
Sekretaris Dekranasda Inhil Ahmad Hidayat menyatakan, kegiatan rutin mereka lakukan setiap tahunnya. Tahun ini ada lima agenda yang akan dimanfaatkan lebih mengenalkan kerajinan khas Inhil kepada masyarakat, terutama di luar Inhil. 

"Seperti pada MTQ Kabupaten mendatang, kami akan memamerkan bermacam-macam hasil kerajinan, seperti batik Inhil, tenun songket, anyaman pandan dan kerajinan dari batang kelapa ini di stand pameran yang disediakan," sebutnya. 

Dekranasda Inhil juga akan mengikuti kegiatan Riau Expo yang akan dilaksanakan di Pekanbaru. Kemudian di ajang MTQ Provinsi Riau. Termasuk mengikuti pameran yang setiap tahun diadakan dalam rangka memperingati HUT Dekranas yang diadakan di Jakarta. 

Pada HUT Dekranas ini, seluruh Dekranasda Kabupaten/ Kota dan Provinsi ikut berpartisipasi dan ini akan dimanfaatkan secara maksimal mengenalkan kerajinan khas Inhil ini. Demikian juga di ajang Inhil Expo yang tahun ini akan diadakan di kota Tembilahan. 

"Tentu dari semua kegiatan ini benar-benar kami manfaatkan bagi mempromosikan hasil kerajinan-kerajinan pengrajin lokal Inhil," sebutnya. 

Dekranasda juga mendorong para pengrajin lokal untuk terus memproduksi hasil kerajinan tersebut setiap harinya. Sekarang para pengrajin lokal terus melakukan kegiatan membatik, menenun songket dan menganyam pandan. Pengrajin lokal setiap hari bekerja, memproduksi hasil kerajinan tersebut. Hasil kerajinan mereka ini kemudian akan dipasarkan oleh Dekranasda. 

Bagi menambah pengetahuan dan wawasan serta kemampuan para pengrajin ini, pihaknya juga membawa mereka berkunjung ke sentra-sentra industri kerajinan nasional. 

Seperti ke Tasikmalaya untuk meninjau sentra industri yang ada disana, seperti sentra industri membatik dan menenun.(hum04)

Pemerintah daerah Kabupaten Indragiri Hilir melalui Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) secara berkelanjutan memperkenalkan kerajinan khas daerah ini, terutama melalui pameran. Sekretaris Dekranasda Inhil Ahmad Hidayat menyatakan, kegiatan rutin mereka lakukan setiap tahunnya. Tahun ini ada lima agenda yang akan dimanfaatkan lebih mengenalkan kerajinan khas Inhil kepada masyarakat, terutama di luar Inhil.

Post a Comment

Powered by Blogger.