ROKAN HULU, RAMBAH SAMO - Camat Rambahsamo, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Fathanalia Putra, membuka Rapat Koordinasi Kecamatan (Rakorcam) Lembaga Ekonomi masyarakat dan   sosialisasi "Ayo Menabung di Badan Usaha Milik Desa-Usaha Ekonomi Simpan Pinjam (BUMdes/UED-SP), di Aula Kantor Camat Rambahsamo, Kamis (21/4).

http://www.riaucitizen.com/search/label/Berita%20Rohul
Kegiatan itu selain dihadiri, Camat Rambahsamo, juga hadir,  dari Koordinator Kabupaten Bumdes, Alex Susanto, Fasilitator BUMdes Kecamatan Rambahsamo, Imam Nawawi, Suherman, Yatinah, para Kepala Desa (Kades), Badan Perwakilan Desa (BPD), Direktur BUMDes, Kepala Sekolah (Kasek) se Rambahsamo

Dalam sambutannya, Camat Rambahsamo, perlu adanya perubahan mental, untuk memperbaiki ekonomi, termasuk mental gemar menabung, perlu diketahui banyak hal-hal yang sia-sia dilakukan setiap tanpa disadari merugikan diri-sendiri.

"Umpanya, merokok, terus pulsa, main-main handphone,  itu semuakan keinginan, bukan kebutuhan, cobalah kalau gak merokok kita tidak akan mati, tapi hanya membuat kita rugi, jadi kalau pengeluaran itu, ditabung untuk hari esok, mungkin itu bisa lebih bermanfaat," tutur Fathanalia Putra.

Dirinya meminta kepada masyarakat supaya gemar menabung di BUmDes dan UED-SP, karena itu milik masyarakat, jadi harus saling bahu-membahu membangun ekonomi masyarakat tersebut. "Kita perlu membangun lembaga ekonomi masyarakat itu, sebab itu sangat bermanfaat untuk, karena kalau BUMdes/UED itu maju, otomatis dampak masyarakat akan tambah sejahtera," ujarnya.

Sementara iti Ketua Panitia Rakorcam, Suheraman, SE,menungkapkan kallau  kegiatan ini digelar satu sekali dalam tiga bulan, tujuannya untuk menyingkronkan kebijakan-kebijakan dalam pengelolaan lembaga ekonomi masyarakat, sehingga benar-benar bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. " Ini juga kita rangkai dengan slogan Ayo Menabung di BUMDes-UED SP, sebab anak-anak di sekolah yang menabung itu, bisa di simpan di BUMDes dan UED-SP, sehingga lembaga ekonomi kita makin maju kedepannya," ujarnya.

Lanjutnya.di Kecamatan Rambahsamo ada  13 Bumdes dan 1 UED-SP, untuk selama ini kepercayaan masyarakat sangan menyambut baik ada Bumdes itu, baik yang menyimpan dan meminjam, sebab bunganya rendah tidak seperti rentenir yang mencekik masyarakat.

"Bahkan Bumdes Marga Mulia salah satu BUMDes di Kecamatan Rambahsamo, sudah bisa  menggalang tabungan masyarakat sebesar Rp 1,4 M, ini termasuk Bumdes terbaik di Rohul," ungkapnya.

Suherman, berharap,  kedepannya adanya  terobosan-terobasan baru, termasuk adanya penambahan   modal, di Pemkab Rohul, karena kalau di Pemkab Bengkalis,   suntikan dana BUMDes itu  hampir Rp 1. M pertahunnya. "Kalau bisa juga untuk BUmdes di Rambahsamo ini bisa ditingkatkan, adanya bantuan dari Pemkab Rohul, karena ini gunanya juga untuk kesejahteraan ekonomi masyarakat," ujarnya.(dow/kim)

Camat Rambahsamo, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Fathanalia Putra, membuka Rapat Koordinasi Kecamatan (Rakorcam) Lembaga Ekonomi masyarakat dan sosialisasi "Ayo Menabung di Badan Usaha Milik Desa-Usaha Ekonomi Simpan Pinjam (BUMdes/UED-SP), di Aula Kantor Camat Rambahsamo, Kamis (21/4).

Post a Comment

Powered by Blogger.