ROKAN HULU, PASIR PENGARAIAN - Bupati Rokan Hulu (Rohul) Drs. H. Achmad M.Si mengajak masyarakat di daerahnya ikut mensukseskan Sensus Ekonomi 2016.

 http://www.riaucitizen.com/search/label/Berita%20Rohul
Bupati Rohul mengatakan Sensus Ekonomi dilaksanakan setiap sepuluh tahun sekali. Dari itu perlu kerjasama antara Petugas Sensus dari Badan Pusat Statistik (BPS) Rohul dan masyarakat, agar sensus dilaksanakan berjalan baik, dan data akurat.

Menurutnya, tanpa kerjasama baik antara masyarakat dan Petugas Sensu, maka Sensus Ekonomi tahun ini tidak akan berjalan baik dan sukses.

"Kuncinya kerjasama yang baik. Kalau kerjasama sudah terjalin baik, sudah pasti sensus berjalan sukses," ujar Bupati Rohul di Pasirpangaraian.

Bupati Achmad mengharapkan Petugas Sensus dari BPS Rohul tak hanya datang untuk menanyakan nama dan jumlah keluarga, namun benar-benar melakukan proses pendataan Sensus Ekonomi.

Dalam artian, para petugas sensus memang benar-benar mendata apa yang dibutuhkan pada sensus ekonomi. Sehingga apa yang menjadi tujuan bisa benar-benar tercapai.

"Ini bukan Sensus Penduduk, petugas benar-benar melakukan Sensus Ekonomi, seperti penghasilan, perdagangan, pertambangan, jasa, dan lainnya," sampainya.

Ia juga mengharapkan masyarakat Rohul memberikan data yang sebenarnya ke Petugas Sensus. Karena, data real dari masyarakat akan membantu pembangunan Kabupaten Rohul dalam membuat kebijakan ke depan.

Untuk itulah, dengan memberikan data yang akurat kepada para petugas sensus, ‎masyarakat juga membantu pemerintah daerah dalam pembangunan Kabupaten Rohul ke depan.

"Mari kita sukseskan Sensus Ekonomi 2016 di Rokan Hulu, dengan data yang akurat dan lengkap, agar Rohul akan semakin maju," ajak Bupati Rohul dua periode tersebut.

Sementara itu, Kepala Badan Badan pusat statistik (BPS) Rohul, Budianto mengatakan Sensus Ekonomi berbeda dengan Sensus Penduduk. Sensus Ekonomi adalah untuk mengumpulkan informasi potret utuh perekonomian bangsa, sebagai landasan penyusunan kebijakan dan perencanaan pembangunan nasional maupun regional.

Budianto menambahkan, pada Sensus Ekonomi tahun ini, Petugas Sensus melakukan pendataan di seluruh sektor usaha, tidak termasuk sektor pertanian. Data yang dikumpulkan petugas, akan menghasilkan gambaran lengkap tentang level dan struktur ekonomi non-pertanian.

"Sensus Ekonomi juga untuk melihat karakteristik dasar ekonomi. Selain itu juga akan diketahui daya saing bisnis di Indonesia, serta penyediaan kebutuhan informasi usaha, terkhusus di Kabupaten Rokan Hulu," jelasnya.

Budianto mengungkapkan dalam mensukseskan Sensus Ekonomi 2016, BPS Kabupaten Rohul menerjunkan sekitar 300 Petugas Sensus. Ratusan petugas ini akan disebar di 16 kecamatan. Petugas akan melakukan pendataan hingga Mei 2016, dan saat ini sebagian petugas sudah finish melakukan sensus.(rou03)

Bupati Rokan Hulu (Rohul) Drs. H. Achmad M.Si mengajak masyarakat di daerahnya ikut mensukseskan Sensus Ekonomi 2016.

Post a Comment

Powered by Blogger.