INDRAGIRI HILIR, MANDAH - Guna mendukung Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor wisata, Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) HM.Wardan akan mengupayakan hutan mangrove di Pulau Cawan untuk dijadikan kawasan wisata.

 http://www.riaucitizen.com/search/label/Berita%20Inhil
Wardan Kunjungi Hutan Mangrove di Pulau Cawan
Hal ini disampikannya usai melantik 7 Kepala Desa di Kacamatan Mandah, dimana pelantikan tersebut dipusatkan di Pantai Solop, pada kesempatan tersebut Bupati menyempatkan diri berkunjung ke hutan Mangrove yang berada di Pulau Cawan. Didampingi pimpinan Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab Inhil, Sabtu  (16/1/2016).

Bupati Inhil  mengatakan  bahwa  hutan magrove yang tumbuh secara alami di Pulau Cawan tersebut, sudah tumbuh 20 sampai 30 tahun dan terpelihara dengan baik, tentunya harus dilestarikan kedepannya.

"Mangrove ini tentunya tanpa dilakukan pembibitan secara alami, dan sudah ada di sini, kalau ini terus di kembangkan kedepannya, saya pikir ini memiliki nilai ekonomis yang luar biasa, dan tentunya memiliki daya tarik tersendiri untuk dikunjungi oleh wisata lokal dan wisatawan mancanegara yang ingin mencari tempat rekreasi, dan saya pikir ini perlu dijual dan di promosikan,"ungkap Wardan.

"Kalau kita lihat di sini (Mangrove di Pulau Cawan) ini tentu luar biasa dan memiliki daya tarik tersendiri, ini tanggungjawab kita semua untuk melestarikanya dan saya akan berusaha untuk mengembangkan ini menjadi kawasan wisata, ini memang betul memiliki daya tarik tersendiri dan ini perlu kita pertahankan,"tegasnya.

Sementara itu Kepala Dinas  Kelautan dan Perikanan, Wiryadi, juga mengatakan, mengupayakan kelestarian mangrove yang ada di Pulau Cawan tersebut, langkah pertama yakni mempertahankan keragaman hayati yang ada di daerah sekitaran, terutama keragaman hayati kepiting, udang dan berbagai jenis burung yang ada dan biota yang hidup di sekitar pulau itu.

"Dengan mengupayakan kelestariannya kita harus menjaga keragaman hayatinya, baik itu berupa kepiting, udang, serta berbagai jenis burung yang hidup disekitarnya," ungkapnya.

Di tambahkannya lagi, "hutan mangrove yakni di indonesia lebih kurang 79 jenis mangrove yang hidup, 60 sepesies tersebut ada di Kabupaten Indragiri Hilir khususnya ada di pulau cawan, pulau kurau, pulau terubuk ini yang harus dilakukan pelestarian alami," tutupnya.(hum01)

Guna mendukung Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor wisata, Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) HM.Wardan akan mengupayakan hutan mangrove di Pulau Cawan untuk dijadikan kawasan wisata.

Post a Comment

Powered by Blogger.