PEKANBARU, TENAYAN RAYA - Pembangunan Islamic Centre di area Kantor Wali Kota Pekanbaru, Tenayan Raya ditargetkan rampung akhir tahun 2021 ini. Proses pembangunan fokus pada percepatan pembangunan masjid.

Pantauan awak media, bagian kubah dan eksterior masjid sudah mulai terpasang. Proses penyelesaian interior masjid pun tengah dilakukan oleh pekerja di sana.

"Kita targetkan menjelang Desember pembangunannya rampung," terang Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution, Kamis 19 Agustus 2021.

Menurutnya, pembangunan Islamic Centre sudah memasuki tahap 4. Dirinya yakin akhir tahuh ini pembangunan fisik masjid di area Islamic Centre tuntas.

"Percepatan pembangunan di atas 50 persen. Proses pembangunan fisik Islamic Centre berlangsung secara paralel," ujarnya.

Proses pengerjaan bagian interior bisa berjalan tanpa harus menunggu bagian luar. Fasilitas pendukung juga dibenahi secara bertahap sehingga masjid Islamic Centre bisa berfungsi.

Total anggaran untuk pembangunan Islamic Centre sudah mencapai Rp100 miliar. Proses pembangunannya berlangsung secara bertahap sejak tahun 2017.

Indra menyebut bahwa tahun ini fokus pada percepatan bangunan utama di Islamic Centre. Area masjid jadi fokus pengerjaan tahun ini. Pembangunan Islamic Centre tetap berlanjut tahun depan.

"Mudah-mudahan di akhir tahun ini bangunan masjidnya rampung. Tahun ini fisik masjid kita selesaikan, sedangkan landscape kita lanjutkan tahun 2022," ujarnya.

Tahun 2020 lalu anggaran pembangunan Islamic Centre mencapai Rp 29 Miliar. Percepatan pembangunan tahun 2020 sebagian besar bangunan sudah rampung.

Begitu juga dengan fasilitas pendukung aktivitas di sana. Bagian keramik, tempat wudhu dan kubah. Bagian dinding dan undakan di bagian depan Islamic Centre sebagian besar sudah tuntas.(dow)

Post a Comment

Powered by Blogger.