RIAU, BENGKALIS - Eksistensi Kuliah Kerja Nyata dalam rangkaian aktivitas akademik menjadi salah satu bentuk perkuliahan yang dilaksanakan dengan melakukan interaksi langsung pada dinamika kehidupan masyarakat. 

Kuliah Kerja Nyata merupakan proses pembelajaran bagi mahasiswa dan civitas akademik melalui berbagai kegiatan langsung di tengah masyarakat, namun karena saat ini Indonesia khususnya Provinsi Riau sedang menghadapi pandemi Covid-19 yang mana Badan Kesehatan Dunia (WHO) secara resmi menyatakan Covid-19 sebagai pandemi dan skala penyebaran penyakitnya terjadi secara global di seluruh dunia, maka dalam hal itu Kuliah Kerja Nyata Universitas Abdurrab Pekanbaru Tahun 2020 kali ini menyesuaikan dengan kondisi pandemi yang terjadi. 

Penyesuaian-penyesuaian tersebut meliputi metode dan mekanisme pelaksanaan yang selanjutnya disebut Kukerta Univrab 2020 menjalankan skema khusus untuk Covid-19 di mana mahasiswa dan dosen dapat berkontribusi dalam menghadapi pandemi melalui jalur dan bidang ilmunya masing-masing yang tergabung dalam bentuk pengabdian.

Dalam hal ini, Kukerta Kelompok 1 Univrab Tahun 2020 melaksanakan pengabdian di Kelurahan Rimba Sekampung di Kecamatan Bengkalis Kabupaten Bengkalis. Dan serentak melaksanakan kegiatan bersama-sama pada hari Sabtu, 5 September 2020. Skema Kukerta Univrab Tahun 2020 yang berbentuk pengabdian diajukan dengan dua skema, yakni “Skema Terintegrasi (Di wilayah Kota Pekanbaru dan sekitarnya)” dan “Skema Pengabdian Balik Kampung (Di Luar Kota Pekanbaru)”. Karena Kukerta kelompok 1 berada di luar Pekanbaru, maka Skema Pengabdian Balik Kampung menjadi program kukerta yang mereka laksanakan.

Tatanan adaptasi kebiasaan baru Covid-19 menjadi program kerja di dalam proposal pengabdian mereka. Mengacu latar belakang awal mula pandemi Covid-19 di bulan Maret 2020 yang membuat Indonesia dihangatkan dengan istilah “lock down” dan “PSBB”, ksus Covid-19 meningkat tajam di Indonesia. Aktivitas dibatasi, merosotnya ekonomi, pendidikan, dan ditemukan semakin banyak jumlah kasus terkonfirmasi Covid-19 yang mana di Kabupaten Bengkalis sendiri terdapat 75 orang, maka Kukerta Kelompok 1 memiliki perhatian untuk membuat program kerja mengurangi kasus Covid-19 dengan memerhatikan sektor ekonomi, kesehatan, dan sembari mengedukasi masyarakat di Kota Bengkalis.

“Ada 2 organisasi yang menjadi mitra kami untuk melakukan program kerja terkait dengan ‘Pengabdian atau Kukerta Balik Kampung’ ini, yang pertama bersama Kelurahan Rimba Sekampung yang berada di Kec. Bengkalis dan Pos Satgas Check Point Covid-19 yang berada di pusat Kota Bengkalis.” Ujar ketua kelompok 1, Fauziah Alwi yang merupakan mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Abdurrab yang juga anggota kepolisian di Polres Bengkalis.

Selanjutnya, Fauziah mengatakan bahwa kegiatan di Kelurahan Rimba Sekampung telah dikoordinasikan sejak awal kepada Lurah Rimba Sekampung Fakhrul Roza, S.S.T.P.,M.A.P. Maka dari itu dengan adanya dukungan dari pihak Kelurahan Rimba Sekampung, pengabdian berupa bakti sosial dapat terpenuhi.

“Kukerta kelompok 1 ini terdiri dari 8 mahasiswa yang tergabung dari berbagai fakultas di Universitas Abdurrab Pekanbaru, awalnya kami belum mengebnal satu sama lain karena beda fakultas. Jadi dari sini kami saling mengenal satu sama lain dan menjadi keluarga baru” ungkap Ghifari Ikhsan yang merupakan mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Abdurrab yang berasal dari Selat Panjang Kab. Kepulauan Meranti.

Husni Mubarak, S.T., M.Sc. selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL)
Kukerta Kelompok 1
Benar terang Ghifari, Kukerta Kelompok 1 saling bahu membahu menjadi keluarga baru dan melakukan program kerja mereka semaksimal mungkin, mulai dari membagikan sembako kepada masyarakat yang kurang mampu, menempelkan stiker untuk dukungan Kukerta Kelompok 1, serta membagikan masker, hand sanitizer, dan sabun cuci tangan secara gratis kepada masyarakat pengguna jalan yang melintasi Jalan Jend. Sudirman Kota Bengkalis yang dalam hal ini bekerja sama dengan petugas di Pos Satgas Check Point yang terdiri dari aparat kepolisian, TNI, Damkar,dan Dinas Kesehatan.

Husni Mubarak, S.T., M.Sc. selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kukerta Kelompok 1 mengaku sangat mendukung program kerja dari mahasiswa kukerta yang ada di bawah naungannya, meski Husni berhalangan hadir untuk ikut kegiatan bersama Kukerta Kelompok 1, ia tetap memantau dan memastikan pelaksanaan Kukerta Balik Kampung ini berjalan aman dan lancar. Dan benar, Kukerta Kelompok 1 berhasil melaksanakan kegiatan dengan baik dan kerja sama yang dijalin dengan mitra-mitra Kukerta pun diharapkan berlangsung hingga silaturahmi tetap terus berjalan.

“Harapan kami juga agar pelajar di Kota Bengkalis juga tertarik untuk bergabung bersama kami untuk kuliah di Universitas Abdurrab Pekanbaru, kami berharap dengan hadirnya kami di tengah-tengah masyarakat Bengkalis hari ini, mereka punya perhatian dan tertarik untuk melanjutkan studi di Univrab.” diakui M. Hadi mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Abdurrab yang berasal dari Pulau Rupat Kabupaten Bengkalis.(rls)

Husni Mubarak, S.T., M.Sc. selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kukerta Kelompok 1

Post a Comment

Powered by Blogger.