ROKAN HILIR, BAGANSIAPI API - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) dibawah kepemimpinan Bupati H. Suyatno bertekad merealisasikan pembangunan dibidang kerohanian sarana dan prasarana ibadah diwilayahnya.


Salah satu yang akan dibangun adalah Masjid Muhammad Cheng Ho yang rencananya dibangun di area Pujasera Bagansiapiapi, tak hanya sebagai tempat ibadah, masjid ini rencananya dibangun untuk mendukung pariwisata sejarah religi di Rokan Hilir.

Bupati Suyatno menyebut rencana pembangunan Masjid Muhammad Cheng Ho sudah disepakati bersama dalam rapat dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Rohil, Dewan Masjid Indonesia (DMI) Rohil, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda serta ormas Islam yang digelar di Gedung Daerah Datuk Batu Hampar, Bagansiapiapi Rabu (20/3) lalu.

“Insya Allah tahun ini juga kita akan membangun Masjid Muhammad Cheng Ho berada di Kota Bagansiapiapi,” ujarnya kala itu dalam rapat.

Pembangunan Masjid dengan nama Muhammad Cheng Ho bukan tanpa alasan, Bupati Suyatno menyebut penamaan Cheng Ho tak lepas dari sejarah pembangunan Kota Bagan Siapiapi yang dibuka pertamakali oleh etnis Tionghoa.

“Setelah mereka membuka kota Bagan Siapiapi lalu mereka turun temurun, sehingga tak heran banyak Tionghoa di Kota Bagansiapiapi, dan bahkan banyak juga yang sudah masuk agama Islam,” jelas Suyatno. Ia juga menyebut Pembangunan Masjid Muhammad Cheng Ho seluas 2 hektare itu rencananya akan dimulai sebelum acara Bakar Tongkang.

Tak hanya sebatas pembangunan Masjid Muhammad Cheng Ho, Bupati Suyatno bersama Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar M.Si membagikan sertifikat tanah wakaf dan rumah ibadah dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Penghulu dan Lurah se- Kabupaten Rokan Hilir, bertempat di Gedung Serbaguna H Misran Rais Bagansiapiapi, Senin (15/42019) lalu.

Sertifikat tanah yang diserahkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rohil kepada masyarakat, yakni sertifikat tanah wakaf dan sertifikat rumah ibadah tanah gereja, vihara, musollah dan masjid.

Program ini dinilai sangat positif, sehingga dengan adanya kepastian atas hak tanah dan rumah ibadah, diharapkan masyarakat semakin tenang beribadah, dan menghindarkan rumah ibadah dari objek sengketa. (Adv).

ROKAN HILIR, BAGANSIAPI API - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) dibawah kepemimpinan Bupati H. Suyatno bertekad merealisasikan pembangunan dibidang kerohanian sarana dan prasarana ibadah diwilayahnya. Salah satu yang akan dibangun adalah Masjid Muhammad Cheng Ho yang rencananya dibangun di area Pujasera Bagansiapiapi, tak hanya sebagai tempat ibadah, masjid ini rencananya dibangun untuk mendukung pariwisata sejarah religi di Rokan Hilir.

Post a Comment

Powered by Blogger.