BENGKALIS, MANDAU - Festival lampu colok yang merupakan agenda rutin Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Bengkalis diikuti seluruh kecamatan di Kabupaten Bengkalis.

Hal ini diungkap Kepala Disparbudpora Bengkalis Anharizal kepada Tribunbengkalis.com dan wartawan media lainnya, Senin (11/6/2018) malam kemarin usai pembukaan festival lampu colok di Desa Meskom.

Menurut Anharizal, dari data yang diterimanya peserta festival lampu colok secara menyeluruh seluruh kecamatan mencapai 70 peserta. Untuk kecamatan Bengkalis sekitar 30 puluhan peserta festival lampu Colok.

"Peserta terbanyak memang berada di kecamatan Bengkalis, setidaknya ada sekitaran 30 lebih peserta. Dibandingkan tahun kemarin sedikit berkurang dari kecamatan Bengkalis yang mencapai 40 peserta," tambahnya.

Kadisparbudpora Bengkalis berharap masyarakat tetap melestarikan gelaran festival lampu colok ini setiap tahunnya. Dengan tujuan menjunjung tinggi nilai nilai kebudayaan kabupaten Bengkalis. Untuk festival ini, nantinya sekitar 70 menara lampu colok dilakukan penilaian khusus oleh tim penilai yang telah dibentuk.

Tim penilai terdiri dari Departemen Agama (Depag) Bengkalis, kemudian dari Polres Bengkalis serta budayawan. Disparbudpora Bengkalis tahun ini hanya memberikan bantuan pelaksanaan kegiatan festival lampu colok setiap kecamatan.

Jumlah bantuan tersebut tidak besar karena memang terjadi rasolionalisasi anggaran pada kegiatan festival lampu colok ini.

"Bantuan Pelaksanaan pelaksanqan kita berikan kepada kecamatan jumlahnya menurun dari tahun kemarin," ungkap Anharizal.

Meskipun bantuan pelaksanaan tidak begitu besar, menurut Anharizal untuk hadiah pemenang festival lampu colok kabupaten Bengkalis nantinya akan lebih besar dari tahun kemarin. Hadiah juara pertama sebesar 15 juta rupiah.

"Kalau tahun lalu juara pertama hanya 5 juta rupiah, untuk tahun ini kita siapkan hadiah juara pertama sebesar 15 juta rupiah. Begitu juga juara dua, tiga juga besar jumlah hadiah diperkirakan turun sekitar sejuta dari juara diatasnya," ungkap Kadisparbudpora Bengkalis ini.

Untuk pengumuman pemenang sendiri pihak Pemerintah Bengkalis merencanakan akan dilaksanakan di Bengkalis pada pelaksanaan halal bi halal pemerintah Bengkalis usai lebaran mendatang.(dow)

BENGKALIS, MANDAU - Festival lampu colok yang merupakan agenda rutin Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Bengkalis diikuti seluruh kecamatan di Kabupaten Bengkalis. Hal ini diungkap Kepala Disparbudpora Bengkalis Anharizal kepada Tribunbengkalis.com dan wartawan media lainnya, Senin (11/6/2018) malam kemarin usai pembukaan festival lampu colok di Desa Meskom.

Post a Comment

Powered by Blogger.