PEKANBARU, TENAYAN RAYA - Tahun 2017 hanya menyisakan waktu kurang dari sepekan. Kondisi keuangan di kas daerah Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru disebut-sebut telah kosong. 

Sebagai konsekuensi, akan dilakukan tunda bayar terhadap kegiatan yang sudah rampung dilaksanakan. Di saat injury time, pemko masih berharap akan ada uang yang masuk ke kas daerah.

Kosongnya kas daerah diketahui dari kalangan anggota DPRD Kota Pekanbaru. Di mana anggota dewan terpaksa menggunakan dana pribadi untuk studi banding empat Ranperda ke Pulau Jawa pada 19-23 Desember lalu. Uang pribadi tersebut nantinya akan diganti Pemko Pekanbaru pada tahun mendatang. 

Sekretaris Kota (Sekko) Pekanbaru, M Noer MBS ketika dikonfirmasi mengatakan, di penghujung tahun, Pemko Pekanbaru melakukan semua pembayaran yang menjadi kewajiban. Namun pembayaran tersebut tergantung pada kondisi keuangan. 

“Semua pembayaran harus kami lakukan, tapi tergantung kondisi uang yang masuk. Menjelang penghujung tahun ini, ada beberapa dana yang belum masuk ke kas daerah. Seperti dana dari provinsi dan pendapatan lainnya. Kami akan terus mengevaluasi, mudah-mudahan ini kita bisa membayar semuanya,” ungkap Sekko kepada Wartawan, Ahad (24/12) malam. 

‎Sepanjang uang masih tersedia di kas daerah, dijelaskan M Noer, pihaknya akan membayarkan seluruh kegiatan-kegiatan yang sudah dilakukan. Termasuk juga pembayaran apa yang menjadi keperluan Pemko Pekanbaru. 

Ketika ditanya apakah kondisi kas daerah kosong seperti dugaan anggota DPRD, Sekko tidak memberikan jawaban pasti. “Dibilang kosong tidak. Kemarin kami melakukan pembayaran sertifikasi guru. Angka pembayaran ini juga besar,” sebutnya. 

‎Mantan Asisten I Bidang Pemerintah Setko Pekanbaru sendiri tak menampik jika saat ini masih ada beberapa pembayaran yang belum terealisasi. Untuk itu dirinya berharap menjelang akhir tahun ada uang masuk ke kas daerah. 

“Penghujung tahun masih menyisakan beberapa hari lagi. Kami harapkan pada injury time atau pada hari Rabu dan Kamis mendatang ada uang masuk,” jelas Sekko. 

Apabila menjelang injury time tidak ada uang masuk ke kas daerah, maka Pemko akan mengambil kebijakan  tunda bayar terhadap seluruh kegiatan yang telah dilaksanakan dan pembayaran lainnya. “Konsekuensinya akan seperti itu. Kalau uang tidak ada, gimana membayarnya. Termasuk honor kami yang internal yang belum dibayarkan. Begitu juga yang lainnya. Kami berupaya secara proporsional akan mengaturnya,” tutup M Noer.(dow)

ahun 2017 hanya menyisakan waktu kurang dari sepekan. Kondisi keuangan di kas daerah Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru disebut-sebut telah kosong. Sebagai konsekuensi, akan dilakukan tunda bayar terhadap kegiatan yang sudah rampung dilaksanakan. Di saat injury time, pemko masih berharap akan ada uang yang masuk ke kas daerah. Kosongnya kas daerah diketahui dari kalangan anggota DPRD Kota Pekanbaru. Di mana anggota dewan terpaksa menggunakan dana pribadi untuk studi banding empat Ranperda ke Pulau Jawa pada 19-23 Desember lalu. Uang pribadi tersebut nantinya akan diganti Pemko Pekanbaru pada tahun mendatang. Sekretaris Kota (Sekko) Pekanbaru, M Noer MBS ketika dikonfirmasi mengatakan, di penghujung tahun, Pemko Pekanbaru melakukan semua pembayaran yang menjadi kewajiban. Namun pembayaran tersebut tergantung pada kondisi keuangan. “Semua pembayaran harus kami lakukan, tapi tergantung kondisi uang yang masuk. Menjelang penghujung tahun ini, ada beberapa dana yang belum masuk ke kas daerah. Seperti dana dari provinsi dan pendapatan lainnya. Kami akan terus mengevaluasi, mudah-mudahan ini kita bisa membayar semuanya,” ungkap Sekko kepada Wartawan, Ahad (24/12) malam.

Post a Comment

Powered by Blogger.