BERITA RIAU, PEKANBARU - Univesitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN-Suska) Riau mendapat kucuran dana seberar Rp 270 miliar lebih dari pagu Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (Dipa) tahun 2016.

Secara simbolis kucuran dana itu langsung diserahkan Pelaksana Tugas (Plt) Gubenur Riau Arsyadjuliandi Rachman kepada Prof Munzir Hitami di Gedung Daerah, Provinsi Riau, Kamis (17/12/2015).

 http://www.riaucitizen.com/search/label/Berita%20Pekanbaru
Selain UIN Suaka Riau, dana itu juga dikucurkan ke Universitas Riau, dan seluruh  satuan kerja di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau.

Andi Rachman mengatakan penyerahan secara simbolis itu sengaja dilakukan pada pertengahan Desember 2015, agar realisasi anggaran ini bisa dilakukan pada awal tahun 2016. "Supaya nanti cepat realisasinya, makanya kami lakukan cepat," ujarnya.

Tahun 2016 rincian total keseluruhan DIPA Provinsi Riau yakni Rp 6,52 triliun. Tahun 2016, keinginan agar pencairan cepat realisasi anggaran ini, salah satunya dilakukan dengan cara mempercepat peyaluran bantuan itu.

Andi Rachman menambahkan makanya dilakukan pertengahan desember. Dari APBN tahun 2016 adan disalurkan seberar Rp 2 ribu triliun lebih, dengan Distribusi sebesar Rp 37,4 persen, dialokasikan melalui kementerian. Sementara di Riau pengalokasian itu disebarkan ke 542 lingkup lembaga di Riau, dengan jumlah anggaran sebesar Rp 6,52 triliun.

"Tujuannya supaya ini bisa segera dilakukan pencairan dan terealisasi. Agar masyarakat cepat merasakan hasil realisasi itu," sambungnya. Bantuan keuangan itu diposkan untuk pembangunan infratruktur, pendidikan kesahatan, ketahanan pangan dan kesejahteraan masyarakat.

"Ini adalah bagian dari siklus anggaran kita, sebagai tindak lanjut atas penyerahan DIPA oleh Pak Presiden kepada seluruh lembaga. Hal ini adalah tanda mulainya penggunaan anggaran 2016, agar segera dapat digunakan semua kegiatan yang sudah diprogramkan," sambungnya.

Secara keseluruhan 12 kabupaten/kota di Provinsi Riau anggaran itu dikucurkan sebesar Rp 21 triliun lebih. Sementara untuk kementerian/lembaga yang diserahkan secara simbolis sebanyak 11 lembaga, dengan total anggaran Rp 1 triliun lebih.

Dua lembaga pendidikan di Riau yang mendapat kucuran dana itu adalah UIN Suska Riau, sebesar Rp 270 miliar dan Unri sebesar Rp 392 miliar.(dow/ber)

Univesitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN-Suska) Riau mendapat kucuran dana seberar Rp 270 miliar lebih dari pagu Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (Dipa) tahun 2016. Secara simbolis kucuran dana itu langsung diserahkan Pelaksana Tugas (Plt) Gubenur Riau Arsyadjuliandi Rachman kepada Prof Munzir Hitami di Gedung Daerah, Provinsi Riau, Kamis (17/12/2015).

Post a Comment

Powered by Blogger.