BERITA RIAU, LIFESTYLE - Jaman sekarang, informasi itu sangat banyak. Kita pun susah membedakan mana yang benar dan salah. Bahkan, orang-orang lebih mudah percaya sama berita hoax.

Kenapa ya? Kita bisa lihat 4 alasan kenapa orang mudah percaya berita hoax, tapi sebelumnya kita cari tahu dulu apa itu hoax.

Seperti dilansir dari Hai-Online, hoax atau pemberitaan palsu menurut Wikipedia adalah usaha untuk menipu atau mengakali pembaca/pendengarnya untuk mempercayai sesuatu, padahal sang pencipta berita palsu tersebut tahu bahwa berita tersebut adalah palsu.

Salah satu contoh pemberitaan palsu yang paling umum adalah mengklaim sesuatu barang atau kejadian dengan suatu sebutan yang berbeda dengan barang/kejadian sejatinya.

Suatu pemberitaan palsu berbeda dengan misalnya pertunjukan sulap; dalam pemberitaan palsu, pendengar/penonton enggak sadar sedang dibohongi, sedangkan pada suatu pertunjukan sulap, penonton justru mengharapkan supaya ditipu.

Tapi kenapa hoax gampang dipercaya ya? Coba lihat infografis buatan BEM Psikologi Universitas Indonesia di bawah ini.

Ini dia 4 alasan orang lebih mudah percaya berita hoax berdasarkan sisi psikologi.

1. Keterbatasan informasi

Kita percaya berita hoax bukan karena kita mudah dibohongi tapi karena keterbatasan arus informasi yang datang.

2. Tingkat popularitas informasi

Ternyata, pemberitaan yang terus menerus dapat bikin manusia jadi tertutup pada kebenaran, lho!

3. Ketertarikan

Kita lebih tertarik sama berita hoax karena topiknya yang menarik dan unik. Makanya dengan mudah langsung percaya dengan hoax.

4. Confirmation bias

Kalau berita hoax tersebut berkaitan dengan hal yang dipercaya, maka kebohongan akan lebih mudah diterima. (dow/oz)

Jaman sekarang, informasi itu sangat banyak. Kita pun susah membedakan mana yang benar dan salah. Bahkan, orang-orang lebih mudah percaya sama berita hoax. Kenapa ya? Kita bisa lihat 4 alasan kenapa orang mudah percaya berita hoax, tapi sebelumnya kita cari tahu dulu apa itu hoax. Seperti dilansir dari Hai-Online, hoax atau pemberitaan palsu menurut Wikipedia adalah usaha untuk menipu atau mengakali pembaca/pendengarnya untuk mempercayai sesuatu, padahal sang pencipta berita palsu tersebut tahu bahwa berita tersebut adalah palsu.

Post a Comment

Powered by Blogger.