BERITA RIAU, PEKANBARU -  Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Riau membantu korban asap di daerah itu dalam bentuk pembagian masker, penyuluhan kesehatan gigi dan mulut, dan dua unit penjernih udara untuk pos kesehatan.

"Bantuan ini sebagai bagian dari bhakti sosial PDGI peduli bencana asap Riau yang melanda daerah itu sejak dua bulan terakhir dan menimbulkan banyak korban mengalami penyakit terpapar asap," kata Ketua PDGI Riau, Sri Asih Gahayu di Pekanbaru, Jumat.

Bantuan tersebut diberikan Sri Asih Gahayu diterima oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Andra Sjafril.

Menurut Asih, masker yang dibagikan sebanyak 18.000 lembar,  N95 sebanyak 1.500 lembar,  yang dibagikan kepada pelajar pada  14 sekolah SD, 4 SMP dan satu sekolah SMA.

PDGI, kata Asih, juga memberikan  penyuluhan kesehatan gigi dan mulut, dan penyuluhan tentang dampak asap.

"Aksi lainnya adalah pemberian bantuan masker kepada Dinas Kesehatan Provinsi sebanyak 95.00 masker untuk didistribusikan ke sekolah-sekolah di Riau. Serta 2 unit "air purifier" untuk dimanfaatkan di Pos Kesehatan," katanya.

Asih mengatakan, kegiatan ini adalah bentuk kepedulian para dokter gigi terhadap bencana asap di Riau sekaligus merupakan salah satu kegiatan dalam rangka Bulan Kesehatan Gigi Nasional.

Andra Sjafril berharap aksi yang sama dapat diikuti oleh organisasi profesi lainnya sebagai bentuk kepedulian dengan bencana asap yang terjadi di Riau.

"Kita berharap bantuan yang sama juga bisa diberikan oleh organisasi profesi lainnya agar korban terpapar asap di daerah ini bisa terbantu, "katanya.(dow)

Post a Comment

Powered by Blogger.