BERITA RIAU, LIFESTYLE - Organ kewanitaan layaknya organ vital tubuh lainnya semisal jantung, panca indera dan lainnya juga membutuhkan perhatian khusus demi mencegah datangnya berbagai penyakit. Tak hanya sebagai alat seksual semata, vagina juga merupakan organ reproduksi yang berpengaruh dalam keseimbangan hormon setiap perempuan.

Nah, 6 langkah agar vagina sehat terawat dari tabloidnova.com ini diharapkan mampu menyadarkan Anda pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan vagina mulai dari sekarang juga. Inilah 6 langkah vagina sehat terawat :

Pertama, bersihkan teratur sehabis buang air dan setiap mandi, gosok perlahan lalu basuh dengan air bersih. Ini berguna untuk menghilangkan kotoran, lendir, keringat dan lemak yang dikeluarkan kelenjar keringat.

Kedua, bersihkan vagina dari arah depan ke belakang, bukan sebaliknya. Dengan cara ini akan mencegah transfer kuman dari lubang anus ke vagina. Pada saat mencuci vagina gunakan air dalam jumlah banyak untuk membersihkan semua sisa kotoran. Jangan hanya menggunakan tisu kering karena tidak menjamin kebersihan dari kotoran, seperti sisa urin dan lendir yang mengundang infeksi.

Ketiga, pakai dan pilih deodoran, sabun, atau cairan pembersih vagina atas petunjuk dokter. Pemakaian tanpa anjuran dokter dapat menimbulkan alergi, mengubah derajat keasaman (PH) normal vagina, bahkan membunuh jamur dan bakteri baik dan pada akhirnya menimbulkan infeksi.

Keempat, sering mengganti pakaian dalam, terutama saat cairan vagina keluar banyak. Gunakan pakaian dalam berbahan katun yang mudah menyerap cairan.

Kelima, hindari panty liner dan tisu yang mengandung parfum.

Keenam, hindari stres, alkohol, minuman bersoda dan rokok.

Semoga tips vagina sehat terawat dari tabloidnova.com di atas bermanfaat untuk Anda.(dow/nov)

Post a Comment

Powered by Blogger.