BERITA RIAU, ROKAN HULU - Hasil penilaian Masjid Terbaik 2015 dilakukan Kantor Wilayah Kementrian Agama (Kanwil Kemenag) Riau beberapa lalu, menempatkan Masjid Agung Madani di kawasan Islamic Center Pasirpangaraian, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) sebagai masjid terbaik di Provinsi Riau tahun ini.

Atas prestasi tingkat provinsi tersebut, otomatis Masjid Agung Madani Pasirpangaraian menjadi duta Riau untuk mengikuti lomba Masjid Terbaik tingkat nasional tahun ini. Masjid kebanggaan warga Rohul ini akan menunjukkan eksistensinya dengan masjid lain dari 33 provinsi di Indonesia.

Humas Masjid Agung Madani Pasirpangaraian, Drs. Yusmar Yusuf M.Si, mengakui sudah sepantasnya Masjid Agung Madani di kawasan Islamic Center Pasirpangaraian menjadi masjid terbaik di Tanah Air.

"Saat ini kami sedang menyusun profile secara lengkap Masjid Agung, termasuk merapikan kelengkapan struktur organisasi," ujar Yusmar ditanya awak media terkait persiapan pengurus menghadapi penilaian Lomba Masjid tingkat nasional dilakukan tim penilai, Jumat (11/9/15).

Menurut Yusmar, Masjid Agung Madani pantas jadi Masjid Terbaik di Indonesia karena selama ini masjid ini telah memperlihatkan fungsi masjid, tidak hanya sebagai tempat atau terpusat ibadah semata, namun bersifat sosial ekonomi kemasyakatan.

"Masjid Agung telah dijadikan sebagai Masjid Paripurna selama ini. Artinya, bukan semata-mata tempat ibadah, sosial dan ekonomi masyarakat, tapi untuk kesejahteraan masyarakat, karena ada tempat rekreasi dan tempat olahraga disana," jelasnya.

Yusmar mengungkapkan Masjid Agung dibangun di atas areal 22 hektar dengan luas masjid 15.800 meter persegi ini bukan hanya menerapkan program masjid yang terfokus terhadap kegiatan-kegiatan ibadah, namun juga menerapkan ibadah secara luas, seperti dilakukan pada zaman Rasulullah.

"Pengurus coba menyandingkan beberpaa sektor dan unsur, seperti dibangun Sekolah Tahfiz, Institut Sains Quran (ISQ), usaha dagang, audiotorium, ruang untuk operasional," tambahnya.

Untuk diketahui, Masjid Agung Madani dan kawasan Islamic Center mulai dibangun pada 2008 silam, dimulai peletakan batu pertama. Masjid ini baru diresmikan dan digunakan pada Jumat 6 Agustus 2010 dihadiri ustad kondang Seribu Umat Alm. Zainuddin MZ.

Pembangunan masjid di atas lahan 15.800 meter persegi ini dipercayakan kepada PT. Citra Murni Semesta Jakarta selaku konsultan pengawas, dan selaku kontraktor adalah PT. Total Bangun Persada.

Masjid megah jadi satu-satunya masjid di Rohul dan di Provinsi yang punya menara setinggi 99 meter dan menggunakan lift. Meski demikian, sampai saat ini Pemkab Rohul masih terus dilakukan peningkatan sarana dan prasarana secara bertahap, menggunakan dana multiyears bersumber dari APBD Rohul.(dow/rls)

Post a Comment

Powered by Blogger.