BERITA RIAU, SIAK - Kegiatan wisata dan olahraga balap sepeda internasional Tour de Siak tahun 2015 di Kabupaten Siak, Riau, yang rencananya digelar 15-20 September dibatalkan akibat kabut asap yang masih pekat melanda daerah itu.

"Darurat kabut asap, Tour de Siak terpaksa dibatalkan. Ya, bahasanya dibatalkan," kata Sekretaris Panitia TdS 2015 Hendrisan di Siak, Senin.

Keputusan pembatalan itu diambil dalam rapat mendadak yang dipimpin Bupati Siak Syamsuar dengan seluruh panitia dan Pengurus Cabang Ikatan Sport Sepeda  Indonesia (ISSI) Siak, Senin. 

Pembatalan itu disepakati setelah berkoordinasi dengan PB ISSI dan Gubernur Riau Arsyajuliandi Rachman yang juga telah menetapkan status Riau Darurat Asap. 

"Ini bersifat "force majeure". Apakah nanti kembali digelar atau tidak, mohon tunggu informasi selanjutnya dari kami. Pokoknya semuanya serba tidak memungkinkan, lihatlah kabut asap, jarak pandang begitu singkat," kata Hendrisan. 

Acara ini sedianya akan dibuka langsung Menteri Pariwisata Arief Yahya serta dimeriahkan penyanyi Judika. Panitia sebelumnya juga mengklaim 11 tim asing dari berbagai negara mengikuti balap yang kali ketiga dilaksanakan ini. 

Di antaranya Singha Infinite Cycling Team Thailand, Skydive Dubai Pro Cycling Team Dubai, CNN Laos, Tahbiz Shahrsdari Team Iran, Cebu Cycling Team Philippines, Persatuan Lumba Basikal Trangganu Malaysia, St.George Merida Australia, National Sports Council of Malaysia, EHBS / SATO Australia, Sepahan Pro Team Iran, dan Uzbekistan National Team.

Sementara delapan tim dalam negeri yang akan ikut berkompetisi di empat etape di antaranya tim tuan rumah Siak BSP Nasional Team, Customs Cycling Club Indonesia Jakarta, Pegasus Continental Cyling Team Jakarta, KFC Bike Team, United Bike Kencana Malang, Milagro Yogyakarta, ISSI Kalbar Bank Kalbar, dan DKI Jakarta.(dow/anr)

Post a Comment

Powered by Blogger.