ROKAN HULU, PASIR PENGARAIAN - Dua buruh bangunan dilaporkan tenggelam di Danau Ombak Kelurahan Kota Lama, Kecamatan Kunto Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) pada Senin 07 Desember 2020, sekira pukul 23.00 WIB.

Berdasarkan informasi Kepolisian, salah seorang korban bernama Hendri Purwanto (27 tahun) sudah ditemukan tim gabungan dalam kondisi tidak bernyawa, sedangkan seorang korban lagi bernama Rian (23 tahun) masih proses pencarian dilakukan sampai berita ini naik.


Kejadian berawal pada Senin malam sekira pukul 22.50 WIB, dua korban bersama lima teman kerjanya yang juga berprofesi buruh bangunan pergi ke Danau Ombak Kelurahan Kota Lama.

Setibanya di lokasi, ke tujuh buruh bangunan ini bermain perahu atau sampan pakai penerangan senter. Naas, sampai di tengah Danau Ombak perahu satu ditumpangi korban Rian bersama dua rekannya (Sugianto dan Julianto) terbalik dan tenggelam.

"Diduga perahu tenggelam karena kelebihan muatan," ungkap Kapolres Rokan Hulu AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat, melalui Paur Humas Polres Rokan Hulu Ipda Totok Nurdianto, Selasa (08/12/2020).

Melihat perahu pertama tenggelam, perahu ketiga ditumpangi saksi Rohmat Awaludin dan Rahmat Riadi datang berniat menolong. Saat korban Rian berusaha naik, perahu berukuran kecil ini ikut terbalik dan ketiganya tenggelam.

Saat saksi empat (Rohmat) dan saksi lima (Rahmat) mencoba menolong korban Rian yang dalam keadaan panik datang perahu kedua ditumpangi Sumanto dan korban kedua Hendri Purwanto.

"Karena tidak sanggup menahan beban akhirnya perahu kedua ini ikut tenggelam juga," kata Ipda Totok.

Saat situasi kepanikan, seluruh buruh bangunan ini berusaha menyelamatkan diri masing-masing dengan cara berenang ke pinggir Danau Ombak yang masih dalam keadaan gelap gulita.

Kelima buruh bangunan berhasil berenang ke pinggir danau, namun korban Rian dan korban Hendri Purwanto yang diduga tidak bisa berenang dilaporkan tenggelam.

"Setelah seluruh saksi sampai di pinggir danau, mereka tidak melihat korban satu (Rian) dan korban dua (Hendri Purwanto)," jelasnya.

Selanjutnya kelima buruh bangunan ini meminta bantuan ke warga Kota Lama dan selanjutnya melaporkan kejadian ke Polsek Kunto Darussalam.

Bhabinkamtibmas bersama warga Kota Lama sempat melakukan pencarian dua korban yang tenggelam di Danau Ombak sampai Selasa 08 Desember 2020 pukul 03.00 WIB, namun tidak ditemukan karena situasi kondisi lapangan dalam keadaan gelap dan perlengkapan yang kurang memadai.

"Karena kondisi gelap dan perlengkapan terbatas proses pencarian kedua korban yang cukup lama tersebut ditunda sampai pagi hari," tambah Ipda Totok.

Polsek Kunto Darussalam selanjutnya berkoordinasi dengan BPBD Rokan Hulu, dan Selasa pagi 08 Desember 2020 proses pencarian dilanjutkan dibantu warga setempat.

Korban Hendri Purwanto sendiri sudah ditemukan dalam kondisi meninggal dunia, sedangkan korban Rian masih dilakukan pencarian sampai Selasa siang.(dow)

#beritarohul

Post a Comment

Powered by Blogger.