DUMAI, BUKIT KAPUR - Perhatian Pemko Dumai terhadap CJH Dumai cukup tinggi dan itu dibuktikan dengan menyiapkan transportasi keberangkatan sebanyak 184 jemaah menuju Embarkasi Haji Batam Kepulauan Riau melalui Terminal Feri Pelabuhan Pelindo Dumai.

Transportasi itu disediakan, karena awalnya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau akan memberangkatkan CJH asal Riau dari Pekanbaru. Tapi Pemerintah Pusat tetap memberangkatkan CJH Ria dari Batam.

"Atas dasar itulah kita menyiapkan kapal feri pulang pergi CJH kita ke embarkasi Batam," ujar Walikota Dumai Zulkifli AS.

Kemudian kata Zulkifli, Pemko juga membiayai transportasi Kota, penginapan dan makan.

"Kita patut bersyukur, karena tidak semua daerah menganggarkan biaya ini, meskipun jumlahnya tidak seberapa ini tentunya dapat membantu mengurangi biaya," ucap Walikota.

Sementara itu Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setdako Dumai Amiruddin di Dumai menambahkan, penyediaan satu unit kapal feri ini merupakan bentuk dukungan pemerintah daerah dalam penyelenggaraan ibadah haji 2018 agar sukses dan lancar.

"Pemerintah dumai tiap tahun gratiskan biaya keberangkatan calon jemaah haji menuju embarkasi batam melalui jalur laut, agar penyelenggaraan musim haji berjalan lancar," ungkapnya.

Jadi terangnya, tiap CJH Dumai dianggarkan Rp183 ribu perorang untuk biaya konsumsi dan transportasi selama berada di Batam sebelum terbang ke Madinah Arab Saudi.

"Tapi sebelum berangkat kita akan menggelar acara seremoni pelepasan calon jemaah dengan prosesi adat budaya Melayu di Gedung Daerah Pendopo Sri Bunga Tanjung pada 23 Juli 2018. Dan tanggal 27 Juli seluruh jemaah dilepas langsung oleh Walikota Dumai sampai pelepasan keberangkatan ke Mekah," paparnya.

Kepala Kementerian Agama Kota Dumai Syafwan menilai dukungan pemerintah dalam penyelenggaraan ibadah haji sangat membantu dan memudahkan calon jemaah serta panitia jelang keberangkatan ke tanah suci Makkah. (dow)

DUMAI, BUKIT KAPUR - Perhatian Pemko Dumai terhadap CJH Dumai cukup tinggi dan itu dibuktikan dengan menyiapkan transportasi keberangkatan sebanyak 184 jemaah menuju Embarkasi Haji Batam Kepulauan Riau melalui Terminal Feri Pelabuhan Pelindo Dumai. Transportasi itu disediakan, karena awalnya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau akan memberangkatkan CJH asal Riau dari Pekanbaru. Tapi Pemerintah Pusat tetap memberangkatkan CJH Ria dari Batam.

Post a Comment

Powered by Blogger.