PEKANBARU, LIMA PULUH - Pemerintah Kota Pekanbaru Provinsi Riau menyebutkan bahwa sampai saat ini masih mengalami kekurangan guru baik untuk tingkat Sekolah Dasar maupun Sekolah Menengah Pertama dimana jumlahnya mencapai ribuan tenaga Pendidik.

"Tidak tanggung-tanggung, jumlah kebutuhan guru kita mencapai ribuan orang" Ucap Pelaksana Tugas Wali Kota Pekanbaru, Melalui Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Abdul Jamal, Rabu.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Abdul Jamal
Jamal menjelaskan kebutuhan guru tersebut mencapai 1.056 orang dimana untuk tingkat SD sekitar 800an orang guru sedangkan sekitar 200an lebih sisanya berada di tingkat SMP. Terkait hal ini Jamal mengaku bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (KemenPAN-RB) untuk mengadakan penambahan tenaga pendidik tersebut. Rencananya penambahan tersebut akan dilakukan melalui jalur CPNS, namun sayangnya smapai saat ini hal tersebut belum mendapatkan kepastian dari pihak kementerian.

Ia berharap agar pihak kementerian untuk segera memberikan jawaban terkait pengajuan penambahan guru yang ada di Pekanbaru. Pasalnya kualitas pendidikan di daerah tersebut juga berkaitan dengan jumlah guru yang ada. Pasalnya untuk guru yang berstatus Pegawai Negeri Sipil yang ada saat ini banyak diantara mereka yang sudah berusia lanjut, sementara dunia pendidikan terus mengalami perkembangan. Oleh sebab itu dibutuhkan tenaga pendidik yang juga dapat menguasai teknologi atau setidaknya "melek" akan  teknologi tersebut.

"Ilmu itu  terus berkembang. Ada beberapa teori lama dalam pendidikan yang sepertinya tidak cocok untuk zaman sekarang ini," imbuhnya.

Terkait mutu pendidikan yang ada di Kota Pekanbaru saat ini, Jamal mengaku bahwa hal tersebut terus meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini dibuktikan dengan adanya kunjungan kerja dari sejumlah daerah lain yang ingin mengetahui maupun mempelajari sistim pengelolaan dunia pendidikan yang ada di Pekanbaru.

Selain itu, Jamal juga mengatakan bahwa pihak Pemko tengah menggagas soal pengadaan sekolah unggul untuk setiap kecamatan. Hal ini bertujuan untuk memberikan pemerataan pendidikan bagi para pelajar, sehingga tidak ada lagi penumpukan siswa pada suatu sekolah. Ia berharap agar rencana tersebut dapat segera terealisasi mengingat sampai saat ini masih terdapat beberapa sekolah ayng mengalami pembludakan pendaftar sementara sekolah lain masih minim peminat.

"Kalau sudah merata jumlah serta kualifikasi pendidikan di tiap daerah, maka bukannya tidak mungkin Pekanbaru dapat lebih unjuk gigi di tingkat Nasional nantinya," pungkas Jamal.(dow)

source : www,harianvokal.com

PEKANBARU, LIMA PULUH - Pemerintah Kota Pekanbaru Provinsi Riau menyebutkan bahwa sampai saat ini masih mengalami kekurangan guru baik untuk tingkat Sekolah Dasar maupun Sekolah Menengah Pertama dimana jumlahnya mencapai ribuan tenaga Pendidik. "Tidak tanggung-tanggung, jumlah kebutuhan guru kita mencapai ribuan orang" Ucap Pelaksana Tugas Wali Kota Pekanbaru, Melalui Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Abdul Jamal, Rabu.

Post a Comment

Powered by Blogger.