JAKARTA, RIAUCITIZEN.COM - Rabu 14 Maret 2018 menjadi hari yang bersejarah bagi DPRD Riau.

Sempena Hari Perempuan Sedunia ( Internat ional Women's Day ) yang di peringati setiap tanggal 8 maret, lembaga negara DPR RI menganugerahkan penghargaan kepada DPRD Riau untuk kategori DPRD dengan jumlah presentase anggota dewan PEREMPUAN terbanyak / terbesar secara nasional.Yakni 18 orang dari 65 anggota DPRD Riau.

Hall gedung Nusantara DPR RI menjadi lokasi pemberian anugerah penghargaan yang di laksanakan Rabu siang 14 maret 2018.

Acara di awali dengan laporan panitia oleh Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen DPR RI DR. Nurhayati Assegaf yang di lanjutkan dengan Sambutan Ketua DPR RI Bambang Susatyo, MBA.

Penghargaan diterima langsung oleh Ketua DPRD Riau Septina Primawati yang didampingi 17 anggota Dewan Perempuan lainnya.

Momen ini mendapat applaus yang sangat meriah dari hadirin dan seluruh undangan karena Ketua DPRD Riau bersama-sama dengan 17 anggota Dewan perempuan naik ke panggung menerima penghargaan yang di serahkan oleh Ketua DPR RI Bambang Susatyo.

Penghargaan ini juga menjadi catatan penting bagi DPRD Riau karena perempuan-2 Riau mampu mencapai kesetaraan gender, acara diakhiri dengan Keynote Speech oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Memiliki anggota dewan perempuan terbanyak dibanding DPRD lainnya di Indonesia, DPRD Riau menerima penghargaan dari DPR RI, di hall gedung nusantara DPR RI, dalam peringatan Hari Perempuan Sedunia (International Women’s Day) pada Rabu (14/3).

Dari 65 jumlah anggota DPRD Riau, 18 di antaranya adalah perempuan. Jumlah anggota perempuan tersebut merupakan jumlah terbanyak dengan persentase 27,7 persen.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Ketua DPRD Riau, Septina Primawati, yang didampingi 17 anggota dewan perempuan lainnya. Mereka naik ke panggung bersama-sama dan menerima penghargaan tersebut.

Septina dalam kesempatan itu menyampaikan, penghargaan tersebut menyampaikan, hal ini merupakan sejarah untuk Riau, karena perempuan-perempuan Riau mampu menciptakan kesetaraan gender di berbagai bidang, dan hal itu saat ini dilihat oleh nasional.

"Kita berharap ini juga bisa menjadi motivasi bagi perempuan-perempuan di Indonesia khususnya Provinsi Riau, sehingga perempuan-perempuan Riau semakin banyak yang ingin berkiprah di dunia politik," kata Septina.

Istri mantan gubernur Riau, Rusli Zaenal ini juga mengatakan pihaknya juga berharap semakin banyak perempuan yang membuka diri untuk terjun di dunia politik, karena kehadiran perempuan di politik juga memberikan kesejukan dan kedamaian.

Ia juga berharap agar kedepannya jumlah dan persentase anggota dewan kalangan perempuan semakin bertambah, sehingga terus mewarnai perpolitikan di tanah air, khususnya di Bumi Lancang Kuning.

"Presentase ini kita harapkan bisa meningkat dimasa yang akan datang, sehingga peran perempuan di dunia politik semakin terlihat," jelasnya.

Penghargaan yang diberikan kepada DPRD Provinsi Riau dari DPR RI tersebut adalah berdasarkan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, terutama tujuan 5 tahun mengenai mencapai kesetaraan gender.

Selain itu, juga pemberdayaan semua perempuan serta anak perempuan, untuk peningkatan kesadaran publik terhadap isu peran perempuan dalam bidang ekonomi sosial budaya dan politik. (adv)

Post a Comment

Powered by Blogger.