PEKANBARU, PEKANBARU KOTA - Kegiatan sosial Khitanan Massa sebanyak 250 lebih anak dimulai dengan pelepasan pawai, Minggu (24/12/2017). Pembina kegiatan Ustad Sofyan Siroj Lc MSi yang didaulat untuk melepas pawai menyebutkan, kegiatan khitan menjadi sangat penting bagi anak-anak muslim khususnya dan pada setiap laki - laki umumnya.

Berikut penjelasan Ustad Sofyan Siroj mengapa pentingnya dan apa manfaatnya khitan? 

Khitan secara bahasa artinya memotong. Secara terminologis artinya memotong kulit yang menutupi alat kelamin lelaki (penis). Dalam bahasa Arab khitan juga digunakan sebagai nama lain alat kelamin lelaki danperempuan seperti dalam hadist yang mengatakan "Apabila terjadi pertemuan dua khitan, maka telah wajib mandi" (H.R. Muslim, Tirmidzi dll.)

Dalam agama Islam, khitan merupakan salah satu media pensucian diri dan bukti ketundukan kita kepada ajaran agama. Dalam hadist Rasulullah s.a.w. bersabda: "Kesucian(fitrah) itu ada lima: khitan, mencukur bulu kemaluan, mencabut bulu ketiak, memendekkan kumis dan memotong kuku" (H.R. Bukhari Muslim)


Secara medis dan klinis terbukti bahwa orang yang berkhitan lebih sehat dibanding mereka yang tidak berkhitan, Pro-kontra mengenai perlu-tidaknya khitan pada laki-laki sudah lama berlangsung. Tapi tampaknya hasil penelitian terbaru ini bisa dijadikan pegangan bahwa khitan memang perlu.

Laki-laki yang dikhitan terbukti jarang sekali tertular infeksi yang menular melalui hubungan seksual dibanding mereka yang belum disunat, itulah yang termuat dalam jurnal Pediatrics.

Dalam jurnal disebutkan bahwa khitan dapat mengurangi risiko tertular dan menyebarkan infeksi sampai sekitar 50%. Makanya jurnal juga menyarankan manfaat besar mengenai sunat bagi bayi yang baru lahir.

Hukum Khitan

Dalam fikih Islam, hukum khitan dibedakan antara untuk lelaki dan perempuan. Para ulama berbeda pendapat mengenai hukum khitan baik untuk lelaki maupun perempuan.

Hukum khitan untuk lelaki:

Menurut jumhur (mayoritas ulama), hukum khitan bagi lelaki adalah wajib. Para pendukung pendapat ini adalah imam Syafi'i, Ahmad, dan sebagian pengikut imam Malik. Imam Hanafi mengatakan khitan wajib tetapi tidak fardlu.

Menurut riwayat populer dari imam Malik beliau mengatakan khitan hukumnya sunnah. Begitu juga riwayat dari imam Hanafi dan Hasan al-Basri mengatakan sunnah. Namun bagi imam Malik, sunnah kalau ditinggalkan berdosa, karena menurut madzhab Maliki sunnah adalah antara fadlu dan nadb. Ibnu abi Musa dari ulama Hanbali juga mengatakan sunnah muakkadah.(rls)

Kegiatan sosial Khitanan Massa sebanyak 250 lebih anak dimulai dengan pelepasan pawai, Minggu (24/12/2017). Pembina kegiatan Ustad Sofyan Siroj Lc MSi yang didaulat untuk melepas pawai menyebutkan, kegiatan khitan menjadi sangat penting bagi anak-anak muslim khususnya dan pada setiap laki - laki umumnya. Berikut penjelasan Ustad Sofyan Siroj mengapa pentingnya dan apa manfaatnya khitan? Khitan secara bahasa artinya memotong. Secara terminologis artinya memotong kulit yang menutupi alat kelamin lelaki (penis). Dalam bahasa Arab khitan juga digunakan sebagai nama lain alat kelamin lelaki dan perempuan seperti dalam hadist yang mengatakan "Apabila terjadi pertemuan dua khitan, maka telah wajib mandi" (H.R. Muslim, Tirmidzi dll.)

Post a Comment

Powered by Blogger.