BENGKALIS, MANDAU - Terhitung 30 April 2016, realisasi fisik kegiatan belanja langsung Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bengkalis 2016 sebesar 5,94 persen. Sementara keuangan 3,36 persen. Sedangkan untuk belanja tidak langsung, realisasi fisik 8,19 persen. Sementara realisasi keuangan 7,02 persen. 

 http://www.riaucitizen.com/search/label/Berita%20Bengkalis
Bupati Bengkalis, Amril Mukminin didampingi Asisten Perekonomian
dan Pembangunan Setda Bengkalis pimpin rapat evaluasi realisasi fisik
 dan keuangan APBD Bengkalis 2016, Selasa (17/5/16).


Berdasarkan laporan Bagian Penyusunan Program Setdakab Bengkalis, khusus untuk belanja langsung tersebut, dari total 44 SKPD, hanya tiga SKPD tercatat memiliki realisasi fisik belanja langsung di atas 30 persen. Yakni, Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Pertanian (BKPPP) 45.55 persen dari plafon anggaran Rp 14 Milyar lebih, Kantor Camat Rupat Utara 32,83 persen dari plafon Rp5 miliar lebih, dan Inspektorat 31,16 persen dari plafon anggaran Rp 6 miliar lebih.

Namun demikian, dari sisi realisasi keuangan, secara rata-rata jumlahnya lebih kecil dari realisasi fisik. Seperti, BKPPP meskipun realisasi fisiknya 45,55 persen, tapi realisasi keuangannya baru 24,98 persen. Terkait dengan realisasi anggaran ini, Bupati Bengkalis Amril Mukminin saat memimpin rapat evaluasi realisasi fisik dan keuangan, Selasa (17/5/16) di lantai II Kantor Bupati Bengkalis menginstruksikan masing-masing SKPD terus melakukan upaya percepatan penyerapan anggaran. Katanya, idealnya, jika dirata-ratakan, baik itu realisasi fisik maupun keuangan, imbuhnya, semuanya sudah harus diatas 30 persen. 

“Khususnya SKPD yang serapan anggarannya termasuk dalam zona merah alias masih rendah. Walau demikian, upaya percepatan dimaksud tetap harus dilakukan dengan berpegang teguh pada prinsip, cepat, tepat dan selamat. Tetap dalam koridor dan tidak boleh melanggar ketentuan peraturan perundang-undangan,” pesan Amril.(ben05)

Terhitung 30 April 2016, realisasi fisik kegiatan belanja langsung Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bengkalis 2016 sebesar 5,94 persen. Sementara keuangan 3,36 persen. Sedangkan untuk belanja tidak langsung, realisasi fisik 8,19 persen. Sementara realisasi keuangan 7,02 persen.

Post a Comment

Powered by Blogger.