NASIONAL, JAKARTA - Mengurangi angka pengangguran di Indonesia merupakan upaya kompleks. Dari data Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia, sepanjang Januari hingga Februari 2016, sebanyak 12.680 pekerja mengalami pemutusan hubungan kerja. Menurut BPS, jumlah pengangguran di Indonesia pada Februari 2016 tercatat sebesar 7,02 juta jiwa, dengan tingkat pengangguran terbuka sebesar 5,5%. Di lapangan, perusahaan kesulitan mencari karyawan yang memenuhi kualifikasi. 

http://www.riaucitizen.com/search/label/Internasional
Di sisi lain, para pencari kerja kesulitan mendapatkan pekerjaan. Pelajar SMK disiapkan untuk langsung terjun ke dunia kerja setelah lulus, namun kenyataannya, dari pengangguran terbuka saat ini, lulusan SMK yang menganggur sebesar 9,84%, lebih tinggi dari jumlah pengangguran lulusan SMA dan universitas. Sebuah kenyataan untuk dibenahi bersama-sama.

Sejak diluncurkan awal 2015, Karirpad bertujuan untuk menyediakan info lowongan kerja bagi seluruh pencari kerja dengan latar belakang beragam, dari usia, pendidikan, lokasi, hingga pengalaman. Bukan hanya melayani pencari kerja, Karirpad juga menggratiskan layangan pemasangan info lowongan bagi perusahaan, tentunya dengan proses verifikasi yang mendalam untuk menghindari iklan penipuan, seperti disampaikan oleh CMO Karirpad, 

Indra Prasta yang juga merupakan vokalis grup band The Rain. Tidak hanya itu, Karirpad juga membantu berbagai perusahaan lewat e-Recruitment System yang mempermudah proses rekrutmen. Memasuki kwartal kedua 2016, Karirpad telah dikunjungi oleh lebih dari 2 juta pencari kerja setiap bulannya.

Dalam memperluas jaringan regionalnya, saat ini Karirpad diperkuat oleh Chandra Ming yang bergabung sebagai CEO.  Dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di bisnis online, Chandra Ming telah berhasil mendirikan dan merestrukturisasi banyak perusahaan agar tumbuh pesat namun tetap ramping.  “Salah satu hal yang membuat Karirpad bisa mencapai titik ini adalah info lowongan kerja yang valid melayani berbagai lapisan masyarakat, serta didistribusikan secara maksimal lewat kerjasama dengan berbagai media lokal dan nasional yang menjadi business partner Karirpad,” ungkap Chandra. 

Saat ini, Karirpad membantu memenuhi kebutuhan pencari kerja dengan menayangkan lebih dari 1000 info lowongan kerja per harinya, dan bekerjasama dengan lebih dari 260 business partner yang turut menayangkan info lowongan kerja terbaru dari Karirpad.

Ke depannya, Karirpad berharap semakin menjadi jembatan efektif antara para pencari kerja dan penyedia lapangan kerja, hingga angka pengangguran bisa semakin ditekan dan tingkat kesejahteraan masyarakat semakin membaik.(rls)

Mengurangi angka pengangguran di Indonesia merupakan upaya kompleks. Dari data Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia, sepanjang Januari hingga Februari 2016, sebanyak 12.680 pekerja mengalami pemutusan hubungan kerja. Menurut BPS, jumlah pengangguran di Indonesia pada Februari 2016 tercatat sebesar 7,02 juta jiwa, dengan tingkat pengangguran terbuka sebesar 5,5%. Di lapangan, perusahaan kesulitan mencari karyawan yang memenuhi kualifikasi.

Post a Comment

Powered by Blogger.