INDRAGIRI HULU, RENGAT - Bupati Indragiri Hulu (Inhu), H Yopi Arianto SE, secara resmi mewisuda santri Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) dan Madrasah Diniyah Takmiliyah Wushto (MDTW) se-Kabupaten Inhu, Sabtu (14/5/2016) di halaman Kantor Bupati Inhu.

Wisuda ini merupakan yang terbesar di Provinsi Riau karena diikuti 5.336 siswa. Dimana terdiri dari 5.158 santri MDTA dan 208 santri MDTW.

http://www.riaucitizen.com/search/label/Berita%20Inhu
Prosesi wisuda dibagi berdasarkan kecamatan dan dilakukan oleh sejumlah pejabat yang telah ditunjuk. Sedangkan Bupati Inhu H Yopi Arianto dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau Mahyudin MA mewisuda 287 santri berprestasi dari seluruh kecamatan se-Kabupaten Inhu.

Wisuda akbar ini juga dimeriahkan penampilan oleh dai cilik Aditya Rafel Magilang, siswa kelas 2 MDTA Tujfatul Athfal, Desa Sibabat, Kecamatan Seberida yang merupakan peraih juara harapan I Porsadin II tingkat nasional di Jakarta.

Selain itu, pada rangkaian kegiatan wisuda akbar tersebut, Bupati Inhu H Yopi Arianto juga memberikan Kartu Indonesia Pintar kepada perwakilan pelajar SD, SMP dan SMA sederajat. Sekaligus menyerahkan bantuan rebana kepada Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT), serta memberikan hadiah kepada para pemenang lomba rebana yang dilaksanakan sehari sebelum wisuda akbar santri MDTA.

Ketua Panitia H Umar Dulis menyampaikan, ucapan terimakasih kepada Bupati Inhu H Yopi Arianto, Kakanwil Kemenang Riau, Kemenang Inhu, Bank Riau-Kepri serta semua pihak yang telah membantu terlaksananya wisuda akbar santri MDTA dan MDTW se Inhu.

Prosesi wisuda ini bertujuan untuk memberikan motivasi kepada santri dan orangtua terkait pentingnya pendidikan agama usia dini sekaligus upaya memberantas buta aksara Alquran. "Alhamdulillah, kami bersyukur kepada Pemkab Inhu, sejak kepemimpinan Bupati Inhu H Yopi Arianto telah dianggarkan insentif untuk guru MDTA senilai Rp 300 ribu per bulan pada tahun 2015 dan 2016 ini," tuturnya.

Sementara itu, Bupati Inhu H Yopi Arianto SE mengucapkan terimakasih kepada keluarga besar Kemenag, guru MDTA dan MDTW, pihak bank dan seluruh pihak yang telah mensukseskan pelaksanaan wisuda akbar ini. Apalagi wisuda akbar MDTA dan MDTW ini sudah memasuki tahun keenam.

Bupati juga bangga melihat antusiasme para santri dan orangtua yang hadir memenuhi halaman kantor Bupati Inhu. "Ini menunjukkan bahwa kita semua punya komitmen yang sama dalam upaya membangun kehidupan beragama yang lebih baik, terutama dalam upaya kita memberantas buta aksara Alaquran," ucapnya.

Bupati menambahkan bahwa Pemkab Inhu akan tetap berkomitmen untuk memberikan perhatian terhadap para guru MDTA dan MDTW. Karena itu, insentif guru MDTA tahun 2016 tetap dialokasikan dan tidak akan dirasionalisasi. "Tahun depan kita merencanakan melibatkan kepala desa dari seluruh Inhu dalam pelaksanaan wisuda ini," tuturnya.

Turut hadir pada wisuda akbar MDTA dan MDTW ini Wakil Bupati Inhu H Khairizal, Ketua DPRD Inhu Miswanto, anggota Forkopimda, anggota DPRD Riau Bagus Santoso, pejabat dilingkungan Pemkab Inhu, camat se Inhu, pimpinan Bank Riau Kepri Cabang Airmolek Wahyudi Gustiawan serta undangan lainnya.(inu05)

Bupati Indragiri Hulu (Inhu), H Yopi Arianto SE, secara resmi mewisuda santri Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) dan Madrasah Diniyah Takmiliyah Wushto (MDTW) se-Kabupaten Inhu, Sabtu (14/5/2016) di halaman Kantor Bupati Inhu. Wisuda ini merupakan yang terbesar di Provinsi Riau karena diikuti 5.336 siswa. Dimana terdiri dari 5.158 santri MDTA dan 208 santri MDTW.

Post a Comment

Powered by Blogger.