ROKAN HULU, RAMBAH - Untuk menyukseskan kegiatan ketahanan pangan dalam hal ini penanaman Padi Sawah. Mulai dari Komandan Koramil 02 Rambah, Camat Rambah sampai dengan Kepala Bidang Pengembangan Tanaman Pangan Kabupaten Rokan Hulu melaksanakan makan ayam 3 warna.

 http://www.riaucitizen.com/search/label/Berita%20Rohul
Kegiatan tersebut merupakan kegiatan ritual yang dilaksanakan untuk hari ini saja oleh kelompok Tani Rimbo Hapar. Agar kedepan dalam pelaksanaan penanaman Padi Sawah yang ada dilahan Petani dapat berjalan dengan sukses.

“Ya ini merupakan kegiatan ritual untuk hari ini saja pak yang kami lakukan. Harapan Kami, agar kedepan petani yang ada tergabung dalam kelompok tani rimbo hapar memperoleh hasil panen padi yang melimpah” ungkap Anuar Daulay Ketua Kelompok Tani Rimbo Hapar di areal persawahan Rimbo Hapar Desa Suka Maju Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu (20/04/2016).

Lanjutnya, “yang paling penting dan paling utama, kami juga tidak lupa berdoa seraya memohon kepada Tuhan Yang maha Esa supaya dilancarkan dan di sukseskan kegiatan penanaman padi ini dengan baik”, sebut Anuar Daulay.

Hadir dalam pelaksanaan tersebut, Komandan Koramil 02 Rambah Kapten Arm Alza Septendi, Camat Rambah Ari Gunadi, Kepala Bidang Pengembangan Tanaman Pangan Paum Zarkisman, Ka. UPTD Rambah Zulkifli, Kades Desa Suka Maju dan Tokoh Masyarakat.

Sementara masih di tempat yang sama, Danramil 02 Rambah sangat mengapresiasi tekat masyarakat Desa Suka Muju yang begitu kompaknya. Dimana mereka melakukan ritual ini atas musyawarah kelompok tani itu sendiri yang bertujuan ingin sukses dan berhasil dalam menanam Padi Sawah.

Katanya” Wah, terus terang tadi saya terkejut loh. Karena laporan dari Babinsa kita yang ada di Desa Suka Maju Kopda Dedy Nofery. Samosir bahwa masyarakat kelompok Tani Rimbo Hapar akan melaksanakan penanaman Padi Sawah dengan mengadakan ritual pemotongan Ayam 3 warna”, terang Danramil.

Lanjutnya, “saya sampai heran itu. Ayam apa itu ya?, dan ternyata ayam 3 warna yang dimaksud, ayam kampung yang terdiri dari 3 warna yaitu ayam yang warnanya Hitam, Ayam Merah dan Ayam Putih. Dimasak oleh petani kita lalu kita makan bareng bersama-sama dengan petani”, tutup Danramil seraya tersenyum.

Di tempat yang berbeda Babinsa Koramil 02 Rambah Kopda Dedy Nofery Samosir (Bajak Laut) membenarkan tentang kegiatan tersebut.

“Oh ia, memang hari ini masyarakat kita melaksanakan penanaman Padi Sawah seluas 5 Hektar yang ada di Desa Suka Maju. Kebetulan saya tidak dapat hadir, dikarnakan ada tugas penting di Kodim 0313 Kampar yang harus diselesaikan” jelas Babinsa melalui telepon selulernya.

Lanjutnya, “dan kalau tidak ada halangan, hari jumat saya langsung melihat ke persawahan petani kita untuk memberikan spirit dan semangat kepada Kelompok Tani Rimbo Hapar” ujarnya.(dow/kim)

Untuk menyukseskan kegiatan ketahanan pangan dalam hal ini penanaman Padi Sawah. Mulai dari Komandan Koramil 02 Rambah, Camat Rambah sampai dengan Kepala Bidang Pengembangan Tanaman Pangan Kabupaten Rokan Hulu melaksanakan makan ayam 3 warna. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan ritual yang dilaksanakan untuk hari ini saja oleh kelompok Tani Rimbo Hapar. Agar kedepan dalam pelaksanaan penanaman Padi Sawah yang ada dilahan Petani dapat berjalan dengan sukses.

Post a Comment

Powered by Blogger.