ROKAN HULU, BONAI DARUSSALAM - Dalam upaya untuk mencegah terjadinya Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut)  di Rokan Hulu (Rohul), Hulubalang Nogori Rokan Hulu akan membentuk Satuan Tugas Kebakaran Lahan dan Hutan (Satgas Karlahut) yang anggotanya terdiri dari unsur masyarakat, Pemerintah dan Perusahaan dengan harapan dapat meminimalisir terjadinya Karlahut di daerah wilayah masyarakat desa adat, apalagi pada tahun lalu isu Karlahut tidak hanya jadi perbincangan khalayak ditingkat Regional dan Nasional bahkan tingkat Internasional.

 http://www.riaucitizen.com/search/label/Berita%20Rohul
Ketua Hulubalang Nogori Rokan Hulu Alirman Bergelar Panglimo Paga Alam
Untuk Tahap awal ini, Hulubalang Nogori Rokan Hulu akan membentuk Satgas Karlahut di Kecamatan Bonai Darussalam, karena di Kecamatan ini merupakan daerah yang rawan terjadinya kebakaran lahan. Untuk merealisasikan kegiatan itu, Hulubalang Nogori Rokan Hulu melakukan peninjauan langsung ke Kecamatan Bonai Darussalam, Jumat (1/4/2016) sekaligus mencari dan merangkul masyarakat untuk menjadi Satgas Karlahut.

Disela peninjauan itu, Hulubalang Nogori Rokan Hulu menyempatkan untuk mengunjungi dan bersilaturrahmi dengan Kapolsek Bonai Darussalam AKP H. Ali Imran. Dalam silaturrahmi itu, terjadilah diskusi antara Kapolsek Bonai Darussalam dengan Hulubalang tentang pembentukkan Satgas Karlahut di Kecamatan Bonai Darussalam.

Setelah mendengar paparan yang disampaikan Ketua Hulubalang, Kapolsek Bonai Darussalam AKP H. Ali Imran sangat mengapresiasi langkah atau terobosan yang dilakukan oleh Hulubalang dalam rangka untuk mencegah terjadinya Karlahut di Bonai Darussalam.

”saya apresiasi dan setuju sekali dengan program Hulubalang ini yang ikut berpartisipasi dalam mencegah Karlahut dan memadamkan api ” Ungkap Ali Imran.

Dengan terobosan yang dilakukan oleh Hulubalang dalam membentuk Satgas Karlahut, Ali Imran mengakui sebelumnya juga sudah melakukan rapat koordinasi dengan masyakarat dan pihak perusahaan tentang pencegahan dan penanganan Karlahut di Kecamatan Bonai Darussalam.

Dari hasil rapat koordinasi itu, Lanjut Ali Imran, dibagi dalam tiga zona yaitu, zona A, zona B dan zona C. Zona A poskonya di Polsek yang anggotanya terdiri dari perusahaan Hutahean, Andhika, PT.RES, PT.Graha, PT.GSI dan PT.PISP II yang bertanggung jawab diwilayah Desa Kasang Mungkal, Teluk Sono, Sontang dan Rawa Makmur. Sedangkan Zona B poskonya terletak di Simpang Jurong yang dikoordinator oleh Babinsa dan Anggota Polsek Bonai, yang terdiri dari perusahaan PT.SSB, PT.BDB Kasang Padang, PT.Pinem dan Adhika Seberang serta Zona C poskonya terletak di Pos PAM Babinsa di Desa Pauh anggotanya terdiri dari PT.Chevron, PT. Parma, PT.Raka dan PT. Halim.

” berarti satu zona ada 4 perusahaan ditambah lagi masyarakat. ini sudah dibuktikan, dua kali titik api di temukan di Bonai Darussalam, alhamdulillah berhasil dimatikan dan tidak masuk dalam Hot Spot. inikan komunitas yang menguntungkan kita ” jelas Ali Imran.

Dari terobosan yang dilakukan oleh Kapolsek Bonai Darussalam AKP H. Ali Imran ini patut di apresiasi, karena beberapa hari yang lalu berhasil menangkap pelaku pembakar lahan, saat ini pelaku pembakar lahan tersebut sudah di serahkan ke Polres Rohul untuk menjalani proses hukum lebih lanjut.

Masih ditempat yang sama, Ketua Hulubalang Nogori Rokan Hulu Alirman yang bergelar Panglimo Paga Alam ini mengatakan, pembentukkan Satgas Karlahut ini merupakan sudah menjadi tanggungjawab dari Hulubalang untuk menjaga masyarakat desa adat dalam mencegah Karlahut. Dalam pencegahan Karlahut itu dibutuhkan dukungan dan kebersamaan dari masyarakat, artinya bersama masyarakat dapat memerangi Karlahut ini.

”Dimana titik lemahnya akan kita bantu, sebab fungsi kita sebagai lembaga adat untuk membantu masyarakat, kita lakukan tindakan dan kerjasama, makanya hari ini kita lakukan koordinasi untuk hal-hal itu, sebagaimana yang dikatakan Kapolsek tadi perlunya kita lakukan pemersatuan dalam menjalin ikatan untuk membentuk sebuah kekuatan, mari kita bahu membahu, alhamdulillah beliau (Kapolsek) sudah mendukung dan mengapresiasi kegiatan kita ini dan mudahan kita bisa bersinergi ” Ungkap Alirman saat didampingi Timbalan Kerani Husni Hardi SH, Bandaharo Ismail SKM, Para Kabid dan Anggota Hulubalang sekabupaten Rokan Hulu.ujarmya. (dow/kim)

Dalam upaya untuk mencegah terjadinya Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut) di Rokan Hulu (Rohul), Hulubalang Nogori Rokan Hulu akan membentuk Satuan Tugas Kebakaran Lahan dan Hutan (Satgas Karlahut) yang anggotanya terdiri dari unsur masyarakat, Pemerintah dan Perusahaan dengan harapan dapat meminimalisir terjadinya Karlahut di daerah wilayah masyarakat desa adat, apalagi pada tahun lalu isu Karlahut tidak hanya jadi perbincangan khalayak ditingkat Regional dan Nasional bahkan tingkat Internasional. Untuk Tahap awal ini, Hulubalang Nogori Rokan Hulu akan membentuk Satgas Karlahut di Kecamatan Bonai Darussalam, karena di Kecamatan ini merupakan daerah yang rawan terjadinya kebakaran lahan. Untuk merealisasikan kegiatan itu, Hulubalang Nogori Rokan Hulu melakukan peninjauan langsung ke Kecamatan Bonai Darussalam, Jumat (1/4/2016) sekaligus mencari dan merangkul masyarakat untuk menjadi Satgas Karlahut.

Post a Comment

Powered by Blogger.