BERITA RIAU, ROKAN HULU - Program Pelatihan Kerja Institusional Tahun Anggaran 2016, yang digelar Unit Pelaksana Teknis Latihan Kerja (UPT-LK) Provinsi Riau Wilayah III, di Pasirpengaraian, Kabupaten Rokan Hulu ternyata disambut antusias oleh warga.

http://www.riaucitizen.com/search/label/Berita%20Rohul
Hal ini ditunjukkan dari membludaknya warga yang mendaftarkan diri, sejak pendaftaran program ini dibuka mulai 29 Februari 2016 lalu.

Menurut Petugas UPT-LK, Provinsi Riau, Wilayah III, Fitriadi yang ditemui di kantornya, Kamis (17/3) menyebutkan, dari 9 jurusan pelatihan yang dibuka tahun ini, semua jurusan hampir terpenuhi kuota siswanya. Bahkan, beberapa jurusan sudah melebihi kuota.

“Respon masyarakat luar biasa sekali, karena pelatihan ini memang sangat diperlukan masyarakat, apalagi porgam pelatihan dari pemerintah ini gratis, serta memberi keterampilan untuk membuka usaha sendiri,” ujar Fitriadi.

Hingga Kamis siang, katanya,  sudah tercatat 210 calon peserta pelatihan yang telah mendaftarkan diri ke UPT-LK. Antara lain, jurusan menjahit, operator komputer dan tata boga menjadi jurusan yang paling banyak peminat.

Jurusan menjahit misalnya, dari 16 kouta siswa, yang akan diterima, pendaftar jurusan menjahit sudah mencapai 65 orang. 

Begitupun jurusan operator komputer dan tata boga, dari 16 kouta siswa yang bisa diterima untuk mengikuti pelatihan, peminat dua jurusan ini bahkan sudah melebihi kuotanya yaitu 31 pendaftar masing-masing jurusan.

Sementara untuk reparasi sepeda motor, yang hanya menerima kuota 32 siswa dan yang sudah mendaftar 30 calon peserta. 

Teknisi komputer dari 16 kuota sudah mendaftar 18 orang, teknisi handphone dengan kuota siswa 16 orang, sudah mendaftar 18 orang, instalasi listrik dari 32 kouta siswa yang diterima sudah mendaftar 12 peminat, dan jurusan las Listrik yang menerima 32 calon siswa baru mendaftar 5 peminat. 

 “Jika jumlah siswa melebihi kuota, maka tim dari UPT-Provinsi Riau akan melakukan proses seleksi yang akan dilakukan langsung oleh tekhnisi masing-masing jurusan,” jelasnya.

Meski bebera jurusan sudah melebihi kuota siswa yang akan diterima, Fitriad mengaku, jumlah pendaftar pelatihan ini  diperkirakan akan terus bertambah, mengingat masa pedaftaran masih dibuka hingga tanggal 31 Maret 2016.

Untuk itu, ia mengimbau, bagi warga yang berminat, dan berkeinginan untuk  menambah ilmu dan keahlian, agar segera mendaftarkan diri ke UPT-LK Provinsi Riau Wilayah III, Pasirpengaraian yang beralamat di Kompleks Bina Praja Pemkab Rohul.

“Syaratnya, yang terpenting ada kemauan untuk belajar, usia minimal 17 tahun maksimal 45 tahun, fotokopi ijazah terakhir, fotokopi KK, fotokopi KTP, dan pas foto terbaru,” jelasnya.(rou03)

Program Pelatihan Kerja Institusional Tahun Anggaran 2016, yang digelar Unit Pelaksana Teknis Latihan Kerja (UPT-LK) Provinsi Riau Wilayah III, di Pasirpengaraian, Kabupaten Rokan Hulu ternyata disambut antusias oleh warga.

Post a Comment

Powered by Blogger.