BERITA RIAU, INDRAGIRI HULU - Kabupaten Indragiri Hulu saat ini sudah memiliki wisata alternatif yakni taman buah yang terletak di Dusun Lemang, Desa Rantau Langsat, Kecamatan Batang Gansal.

Direktur Eksekutif PASA, Desriandi SH, Kamis (3/12/2015) mengatakan wisata alternatif taman buah itu merupakan inisiatif warga Dusun Lemang yang merupakan binaan dari Perkumpulan Alam Sumatera (PASA).

Penanaman bibit pohon jambu madu di Dusung Lemang, Inhu
"Kami memberikan pembinaan dan motivasi bagi masyarakat Dusun Lemang untuk membuat taman wisata alternatif berupa taman buah. Usulan kami itu disambut baik oleh mereka. Saat ini mereka telah memulai membuat taman buah tersebut," ujarnya.

Dilanjutkan pria yang akrab disapa Andi itu, pada tahap pertama, warga Dusun Lemang melakukab penanaman pohon jambu madu. Bibit jambu tersebut diberikan langsung oleh tim PASA kepada masyarakat.

"Kami memberikan 50 batang jambu madu kepada 25 petani dusun Lemang. Masing-masing petani mendapatkan dua batang bibit jambu madu. Jambu madu itu rasanya sangat manis dan harganya lumayan mahal di pasaran. Satu buah harganya mencapai Rp 6000. Saat ini budidaya jambu itu juga sedang tren di masyarakat. Makanya kami memberikannya kepada masyarakat di sana,"paparnya.

Andi menambahkan, pihak PASA akan terus memantau perkembangan wisata buah yang dibuat oleh masyarakat dusun Lemang tersebut. Kedepannya mereka berencana bakal memberikan bibit buah lainnya kepada warga di desa yang berdekatan dengan TNBT itu.

"Kami akan terus membina masyarakat di sana untuk melakukan konservasi alam, tanpa merusak lingkungan untuk generasi selanjutnya. Sehingga suatu saat nanti terbentuk kelompok sadar wisata. Hal ini bisa membuat Desa Rantau Langsat jadi desa wisata suatu saat nanti,"harapnya.(dow/tbp)

Kabupaten Indragiri Hulu saat ini sudah memiliki wisata alternatif yakni taman buah yang terletak di Dusun Lemang, Desa Rantau Langsat, Kecamatan Batang Gansal. Direktur Eksekutif PASA, Desriandi SH, Kamis (3/12/2015) mengatakan wisata alternatif taman buah itu merupakan inisiatif warga Dusun Lemang yang merupakan binaan dari Perkumpulan Alam Sumatera (PASA). "Kami memberikan pembinaan dan motivasi bagi masyarakat Dusun Lemang untuk membuat taman wisata alternatif berupa taman buah. Usulan kami itu disambut baik oleh mereka. Saat ini mereka telah memulai membuat taman buah tersebut," ujarnya.

Post a Comment

Powered by Blogger.