BERITA RIAU, PEKANBARU - Kucuran dana desa dari APBD Provinsi Riau 2015 sebentar lagi akan dibayarkan melalui transfer langsung ke rekening APBDes ke seluruh desa di Provinsi Riau. Terdapat 1.592 desa yang akan menerima transferan masing-masing sebesar Rp500 juta. Prosesnya sekarang tinggal verifikasi akhir di Pemprov Riau pada Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD).

Demikian disampaikan Kepala BPKAD Riau Indrawati, akhir pekan lalu. Menurutnya, transferan dana desa akan dilakukan sebelum berakhirnya tahun anggaran 2015 ini. Karena memang anggaran sudah disediakan dari APBD Provinsi Riau.

‘’Akan ditransfer langsung ke rekening desa. Karena prosesnya sesuai dengan peraturan pencairan, harus ada kode rekening sesuai APBDes yang telah diusulkan dari kabupaten di Riau,’’ katanya.

Dengan transfer dana desa lanjutnya, maka diperkirakan bisa menambah serapan dari APBD Riau yang memang masih minim hingga November 2015 lalu. Di mana realisasi anggaran baru menyentuh 45 persen berdasarkan SP2D yang sudah diproses.

Disinggung tahapan yang sudah terlaksana untuk pencairan dana desa, diterangkan Indrawati hingga kini pihaknya sedang melakukan verifikasi akhir, atas beberapa evaluasi yang sudah dilakukan dan dibahas bersama Pemkab terkait. 

‘’Setelah selesai verifikasi akan digesa pencairan dengan transfer langsung,’’ tambahnya.

Anggaran dana desa dalam pagu anggaran APBD Riau 2015 masuk sebagai Bantuan Keuangan. Sebagai perwujudan pemerataan pembangunan dari Pemprov Riau kepada seluruh kabupaten yang ada di Riau, sehingga dapat mendukung seluruh desa dalam pembangunan di wilayahnya masing-masing.(dow/rif)

Kucuran dana desa dari APBD Provinsi Riau 2015 sebentar lagi akan dibayarkan melalui transfer langsung ke rekening APBDes ke seluruh desa di Provinsi Riau. Terdapat 1.592 desa yang akan menerima transferan masing-masing sebesar Rp500 juta. Prosesnya sekarang tinggal verifikasi akhir di Pemprov Riau pada Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD). Demikian disampaikan Kepala BPKAD Riau Indrawati saat berbincang dengan Riau Pos, akhir pekan lalu. Menurutnya, transferan dana desa akan dilakukan sebelum berakhirnya tahun anggaran 2015 ini. Karena memang anggaran sudah disediakan dari APBD Provinsi Riau.

Post a Comment

Powered by Blogger.