BERITA RIAU, LIFESTYLE - Jika anda berprofesi sebagai penulis, baik itu penulis buku, cerpen, media online, surat kabar, dan karya sastra lainnya. Tentu anda harus seefisien mungkin memanfaatkan waktu untuk menulis ide-ide yang datang bisa kapan saja dan dimana saja.

Tak ada salahnya jika kita selalu menyiapkan perlengkapan atau media untuk bisa menuangkan inspirasi dan ide tersebut kedalam bentuk tulisan. Proses penuangan ide tersebut bisa saja menggunakan media konvensional seperti buku dan pena, ataupun media elektronik seperti recorder, smartphone, kamera dan lain-lainnya.

Apalagi jika anda berprofesi sebagai jurnalis atau wartawan, yang harus selalu siap siaga dengan kemungkinan yang terjadi dilapangan pada saat berburu berita. Untuk media konvensional seperti buku dan pena memang dirasakan kurang efektif, apalagi pada waktu wawancara dengan narasumber yang sedang terburu-buru.

Di zaman yang serba canggih sekarang ini, teknologi menjadi peranan penting membantu dalam meringankan pekerjaan jurnalis.

Bagi wartawan media online, smartphone menjadi perlengkapan utama. Kemampuan smartphone dengan bebagai macam aplikasi di dalamnya sangat menunjang pekerjaan teman-teman wartawan dalam membuat berita yang tak ada habis-habisnya.

Bayangkan saja kita tak perlu berada di depan komputer atau laptop untuk mengetik berita yang sifatnya kejar tayang dan harus saat itu juga diterbitkan. Proses wawancara dengan narasumber pun terasa lebih efisien jika mengunakan smartphone ketimbang menggunakan perekam analog.

Beberapa tahun belakangan ini mayoritas smartphone yang paling banyak digunakan adalah bersistem operasi Android. Perkembangan teknologinya pun tergolong cepat dan selalu up to date dengan rilis versi-versi teranyar.

Kali ini kita coba merangkum beberapa aplikasi Android pilihan yang wajib dimiliki oleh penulis atau pun wartawan.

1.  Writer

Aplikasi yang memiliki ukuran kecil ini sangat sederhana sekali, dengan tampilan yang bersih. Memliki fungsi statistic yang bisa melihat total jumlah kata dan huruf. Dan yang terpenting aplikasi ini bisa diunduh secara gratis di PlayStore.

2.  Evernote

Aplikasi Android ini termasuk aplikasi favorit yang banyak didownload. Aplikasi ini juga bisa dijadikan sebagai buku diary, menyimpan foto, dan merekam audio. Fitur lainnya mencatat hal-hal penting sebagai bahan tambahan pada tulisan Anda dan mengatur sebuah pengingat dengan menggunakan suara. Bisa terkoneksi dengan PC dan memudahkan proses penyalinan data. Selain ukurannya yang kecil aplikasi evernote ini juga bisa didownload gratis di Playstore.

3.  Smart Voice Recorder

Jika sudah memiliki aplikasi perekam di smartphone kamu, tidak ada salahnya mencoba aplikasi perekam yang satu ini karena mampu menghasilkan suara rekaman yang jernih. Dan kita juga  memilih kualitas suara mulai dari 8 Hz hingga 44Hz. Selain itu juga ada fitur real-time spektogram yang bisa membuat suara “hening/diam” secara otomatis. Aplikasi ini Gratis dan bisa diunduh di Playstore.

4.  Tape-a-Talk Voice Recorder

Aplikasi perekam suara yang memiliki banyak fitur ini layak dimiliki oleh wartawan yang tidak ingin ketahuan kalau pembicaraannya sedang direkam, proses rekaman bisa berlangsung di latar belakang bahkan ketika layar dimatikan. Memiliki fungsi jeda, maju, dan mundur. Aplikasi perekam ini juga gratis dan bisa didownload di Playstore.

5.  Photo Editor

Pengolah foto yang satu ini termasuk aplikasi yang ringan dan gratis. Fitur-fitur yang disuguhkan juga lengkap. Anda bisa mengatur warna, tambah efek, memutar, memotong, mengubah ukuran, bingkai, kloning, dan menggambar di foto Anda. Selain itu anda juga bisa mengatur kecerahan, kontras, saturasi, dan fokus dalam sebuah foto. Aplikasi ini bisa di download di Playstore.

Selain aplikasi Android pilihan yang wajib dimiliki wartawan diatas, ada beberapa aplikasi lain juga sebagai pelengkap untuk koleksi di smartphone teman-teman wartawan. Antara lain seperti: Google Drive, Google Docs, My Track, Google maps, Call Recorder, Springpad, dan lain-lainnya yang akan dibahas di lain kesempatan.

Silahkan diunduh dan dicoba aplikasi-aplikasi android tersebut, semoga bisa membantu pekerjaan anda sebagai penulis ataupun wartawan.(dow/esa)

Jika anda berprofesi sebagai penulis, baik itu penulis buku, cerpen, media online, surat kabar, dan karya sastra lainnya. Tentu anda harus seefisien mungkin memanfaatkan waktu untuk menulis ide-ide yang datang bisa kapan saja dan dimana saja. Tak ada salahnya jika kita selalu menyiapkan perlengkapan atau media untuk bisa menuangkan inspirasi dan ide tersebut kedalam bentuk tulisan. Proses penuangan ide tersebut bisa saja menggunakan media konvensional seperti buku dan pena, ataupun media elektronik seperti recorder, smartphone, kamera dan lain-lainnya. Apalagi jika anda berprofesi sebagai jurnalis atau wartawan, yang harus selalu siap siaga dengan kemungkinan yang terjadi dilapangan pada saat berburu berita. Untuk media konvensional seperti buku dan pena memang dirasakan kurang efektif, apalagi pada waktu wawancara dengan narasumber yang sedang terburu-buru.

Post a Comment

Powered by Blogger.