BERITA RIAU, ROKAN HULU - Piala bergilir ketiga kalinya yang baru diterima kafilah Rokan Hulu (Rohul) dari Musabaqah Tilawatil Quran ke-34 tingkat Provinsi Riau di Kabupaten Siak, Sabtu (21/11/15) malam lalu, diarak mulai Kecamatan Kabun hingga Kota Pasirpangaraian, Kecamatan Rambah, Senin (23/11/15).

Piala bergilir Gubernur Riau yang sudah menjadi piala tetap serta puluhan kafilah dan official Rohul diarak dan disambut masyarakat di lima kecamatan, mulai Kecamatan Kabun, Tandun, Ujungbatu, Rambah Samo, dan berakhir di Taman Kota Pasirpangaraian Kecamatan Rambah.

Dari Taman Kota Pasirpangaraian, piala bergilir dan para kafilah serta official disambut oleh ribuan pelajar. Selanjutnya mereka diarak pakai mobil dinas yang sudah dihias, layaknya mobil pengantin.

Setibanya di Taman Kota Pasirpangaraian, iring-iringan kafilah yang dikawal Satuan Lantas Polres Rohul dan Motor Trail disambut Camat Rambah Arie Gunadi dan sejumlah unsur Upika Rambah. Arie menuturkan, kafilah dan piala bergilir selanjutnya diarak dari Taman Kota Pasirpangaraian ke Masjid Agung Madani Islamic Center Pasirpangaraian.

Sesampainya di Masjid Agung Madani, iring-iringan disambut oleh Bupati Rohul Drs. H. Achmad didampingi wakilnya Ir. H. Hafith Syukri MM, Sekretaris Daerah Kabupaten Rohul Ir. Damri, dan kalangan pejabat di jajaran Pemkab Rohul.

Dalam sambutannya, Bupati Rohul Achmad mengatakan bagi kafilah yang meraih juara pertama, juara kedua, dan juara ketiga mendapat bonus uang dari Pemkab Rohul.

Untuk 9 kafilah yang juara pertama masing-masing mendapat bonus Rp 5 juta, 9 kafilah yang meraih juara kedua masing-masing mendapat bonus Rp 3 juta, dan 5 kafilah yang meraih juara ketiga masing-masing mendapat bonus Rp 2 juta.

Sedangkan 10 kafilah yang meraih harapan satu dan harapan dua, serta 7 kafilah yang tidak meraih juara masing-masing mendapat bonus Rp 1 juta.

"Ini merupakan suatu kebanggaan bagi masyarakat Rokan Hulu karena meraih juara umum ketiga kalinya berturut-turut, sehingga piala bergilir menjadi piala tetap," jelasnya.

Bupati Achmad mengatakan piala tetap tersebut akan diletakkan di tempat khusus Masjid Agung Madani Islamic Center Pasirpangaraian, seperti museum. Sehingga siapa yang berkunjung ke masjid kebanggaan masyarakat Rohul tahu bahwa Negeri Seribu Suluk pernah juara umum tiga kali berturut-turut.

Ia mengakui Pemkab Rohul akan berupaya mempertahankan juara umum pada MTQ ke-35 tingkat Riau di Kota Pekanbaru pada 2016. Pemkab Rohul dan Kemenag Rohul akan menerapkan beberapa ekstra kulikuler yang biasa dipertandingkan di MTQ di seluruh pondok pesantren, sehingga ada penerusnya.

Rencana Bupati Achmad disambut baik oleh Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Rohul Drs. H. Ahmad Supardi. Hasibuan MA. Ia mengakui sumber daya manusia untuk 7 sub cabang dari 40 sub cabang MTQ masih kurang.

"Dari itu kita sangat dukung dibuatnya ekstra kulikuler di pondok pesantren," katanya.

Ahmad Supardi juga Kakan Kemenag Rohul mengatakan Rohul keluar sebagai juara umum dengan meraih nilai 77, disusul dengan nilai 43, Pekanbaru 42, sementara di posisi buncit diraih Kota Dumai dengan nilai 4.

Juara pertama ada 9 kafilah, juara kedua 9 kafilah, juara ketiga 5 kafilah, harapan satu 5 kafilah, dan harapan dua 5 kafilah. Dirinya optimis, pada MTQ ke-35 tingkat Riau di Kota Pekanbaru, kafilah Rohul kembali keluar sebagai juara umum keempat kalinya berturut-turut.*rou11

Piala bergilir ketiga kalinya yang baru diterima kafilah Rokan Hulu (Rohul) dari Musabaqah Tilawatil Quran ke-34 tingkat Provinsi Riau di Kabupaten Siak, Sabtu (21/11/15) malam lalu, diarak m

Post a Comment

Powered by Blogger.