BERITA RIAU, ROKAN HULU - Debat Publik calon Bupati dan Wakil Bupati atau debat kandidat Pilkada Rokan Hulu (Rohul) 2015 di aula Convention Hall Masjid Agung Madani Islamic Center Pasirpangaraian, Rabu (25/11/15) malam, berjalan lancar tanpa ada gesekan dari pendukung pasangan calon (Paslon).

Debat publik Rabu malam dihadiri. Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau diwakili Syafril Abdulah, Ketua KPU Rohul Fahrizal dan empat Komisioner, pakar politik dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Dr. Ali Yusri.

Acara ini turut dihadiri Kapolres Rohul AKBP Pitoyo Agung Yuwono, Kepala Kejari Pasirpangaraian. Syafarudin, dan Bupati Rohul diwakili Sekretaris Daerah Ir. Damri Harun.

Debat publik berlangsung sekira dua jam benar-benar dimanfaatkan oleh tiga Paslon untuk menyampaikan visi dan misinya dalam membangun Kabupaten Rohul lima tahun ke depan.

Moderator acara, Prof. Dr. Irwan Efendi, dalam beberapa sesi memberikan kesempatan kepada masing-masing kandidat untuk menyampaikan visi dan misinya lebih kurang 3 menit.

Berikut Visi dan Visi Tiga Paslon 

Kandidat nomor 1 (satu), pasangan Hafith Syukri MM-Nasrul mengungkapkan, visi dan misi yang menjadi janji politiknya. Pasangan ini akan selalu gencar membangun desa dan memberikan penerangan listrik yang merata di setiap desa.

Calon Bupati Rohul Hafith Syukri mengatakan saat ini masih ada desa yang masih belum mendapatkan pasokan penerangan dari pihak Perusahan Listrik Negara (PLN). Ke depan, ia dan Nasrul akan menerangkan seluruh desa.

Di bidang pembangunan, Hafith janji akan menuntaskan pembangunan yang belum maksimal hingga pelosok desa. Di sektor pertanian dan perkebunan, pasangan ini akan berusaha memaksimalkan para petani untuk meningkatkan hasil panen dengan memberikan bantuan penyuluhan, bibit, dan bantuan peralatan yang diperlukan petani.

Visi dan misi pasangan nomor urut 2 (dua), Suparman-Sukiman, akan menjadikan Kabupaten Rohul sebagai sentral perdagangan. Menurut Suparman, Rohul bisa memanfaatkan pelabuhan di Dumai dan Sumatera Barat d‎alam melakukan transaksi perdagangan.

Ia mengungkapkan Kabupaten Rohul adalah tempat sangat strategis dalam ‎sektor perdagangan karena berbatasan dengan beberapa kabupaten dan tiga provinsi yakni Riau, Sumatera Utara dan Sumatera Barat. Jika Rohul bisa memanfaatkan, ia yakin daerah tersebut akan maju.

Dalam menunjang hal itu, Paslon Suparman dan Sukiman akan gencar dalam membangun desa, sebab desa yang ada sekarang masih jauh dari pembangunan. Dari itu keduanya akan kencang membangun desa dan gencar dalam menata kota.

Kemudian, visi dan misi dari Paslon nomor urut 3 (tiga), Syafarudin-Erizal berjanji akan membangun Rohul lima tahun ke depan. Syafaruddin mengakui ia dan erizal bersedia menjadi pelayan rakyat, sehingga mereka bisa membangun bersama dalam lima tahun kedepan.

Syafaruddin mengungkapkan sekarang ini ada pengurusan KK, KTP, akte kelahiran yang tidak gratis. Ia janji, jika memang diberi amanah rakyat sebagai Bupati Rohul, ia dan Erizal akan menggratiskan pengurusan seluruh administrasi kependudukan atau Adminduk.

Menyinggung bidang ekonomi dan perkebunan, Syafaruddin bertekad dalam meningkatkan pengelolaan tanaman kelapa sawit dan karet, serta hasil pertanian, membangun pabrik karet berkualitas, sehingga mengangkat derajat ekonomi petani.

Menurut dirinya, jika Kabupaten Rohul punya pabrik karet sendiri, tentu harga getah karet bisa tinggi, dan petani tentu akan sejahtera.

‎ Dari pantauan, dalam debat publik dihadiri ribuan pendukung tiga Paslon, baik di dalam dan luar ruangan, para kandidat dan pendukungnya bisa menjaga situasi dan kondisi acara, hingga berjalan lancar sampai akhir acara.(dow/rtm)

Debat Publik calon Bupati dan Wakil Bupati atau debat kandidat Pilkada Rokan Hulu (Rohul) 2015 di aula Convention Hall Masjid Agung Madani Islamic Center Pasirpangaraian, Rabu (25/11/15) malam, berjalan lancar tanpa ada gesekan dari pendukung pasangan calon (Paslon).

Post a Comment

Powered by Blogger.